Cortana: Personal Assistant Hebat dari Microsoft, Pesaing Siri dan Google Now

Dengan kemunculan Windows Phone 8.1 hari ini banyak fiturnya telah terungkap, salah satunya adalah Cortana. Ini adalah fitur personal assistant dari Microsoft, pesaing dari Siri milik iOS dan Google Now miliki Android Google. Cortana disebut-sebut sebagai personal assistant terbaik smartphone yang bisa belajar dan mengerti tentang penggunanya.

Joe Belfiore, Windows Phone VP, mengakatan kalau nama Cortana terinspirasi karakter terpopuler dari game ‘Halo’. Tampil sebagai AI dan personal digital assistant yang sangat pintar. Untuk membuat Cortana, Microsoft berbicara dengan beberapa personal assistant nyata dan belajar bagaimana mereka terus mencatat dan mengerti kepentingan sang bos di dalam Notebook. Jadi Microsoft mulai berpikir, bagaimana kalau Cortana juga melakukan hal yang sama.

Untuk mendukung pekerjaanya Cortana dibantu dengan Bing sebagai media pencariannya. Selain itu Cortana juga akan belajar dari waktu ke waktu berdasarkan hal-hal yang kamu lakukan. Cortana akan menanyakan apa saja yang kamu sukai dan bahkan bisa membantu kamu untuk tetap fokus bekerja dengan mengalihkan berbagai notifikasi yang ada.

Cortana saat ini sudah tersedia untuk US dengan status Beta, akan dirilis sebagai final untuk US, UK dan China pada pertengahan tahun nanti. Setelah itu akan diikuti dengan negara lainnya pada tahun 2015.

Lihat aksi Cortana Windows Phone 8.1 dibawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=nX9P6skzZNU

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.