Home News Dengan Sedikit Tweak, Kamu Bisa Menjalankan Aplikasi Linux di Windows 10

Dengan Sedikit Tweak, Kamu Bisa Menjalankan Aplikasi Linux di Windows 10

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di anniversary update nanti Ubuntu UserMode lengkap dengan Bash dan berbagai Linux Tool lainnya bakal ditanamkan di Windows 10. Bahkan saat ini fitur tersebut sudah bisa kamu coba sendiri melalui preview build yang terbaru.

Ditanamkannya Ubuntu UserMode kedalam Windows 10 membuat berbagai tool Linux bisa dijalankan di Windows, meskipun secara default hanya bisa berjalan melalui Bash command seperti Nano ataupun Vi. (Baca juga: Menjalankan Bash Ubuntu yang Terintegrasi di Windows 10, Beserta Tutorialnya!)

Kamu bisa juga menginstall sendiri berbagai Linux tool lain melalui Bash, misalnya saja Git, PHP, Nginx, dsb, langsung dari repository Ubuntu melalui command apt-get install.

Nah, satu hal yang tidak bisa kamu lakukan secara default adalah menginstall aplikasi Linux dengan GUI (Graphical User Interface).

Namun sekali lagi ditanamkannya Ubuntu UserMode dan Bash kedalam Windows 10 membuka banyak kemungkinan baru. Dengan sedikit tweak, beberapa developer telah berhasil menginstall dan menjalankan aplikasi Linux dengan GUI di Windows 10.

Seperti yang bisa kamu lihat di screenshot dibawah ini, dimana terlihat Firefox versi Linux dan Vim bisa berjalan disandingkan dengan aplikasi Windows lainnya.

Dengan Sedikit Tweak, Kamu Bisa Menjalankan Aplikasi Linux di Windows 10

Hal ini bisa terjadi karena developer melakukan tweak dengan mengkombinasikan Bash dan X server di Windows 10.

Jadi setelah Bash diaktifkan di Windows 10, download dan install X Server. Setelah itu install aplikasi Linux yang diinginkan, dan jalankan command berikut ini di Bash:

DISPLAY=:0 firefox

NB: Contoh command diatas adalah ketika ingin menjalankan Firefox Linux di Windows 10.

Bahkan salah seorang developer yang bermain-main dengan hal serupa akhirnya bisa menginstall Desktop Environment (DE) Linux, Xfce di Windows 10.

Dengan Sedikit Tweak, Kamu Bisa Menjalankan Aplikasi Linux di Windows 10

Hal ini membuktikan bahwa dengan integrasi Bash dan Ubuntu UserMode, Windows 10 nampak seperti sebuah hybrid OS antara Windows dan Linux.

via starlig-ht | w2qw (reddit)

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.