Home News Di China, Search Engine Default Microsoft Edge Adalah..Baidu!

Di China, Search Engine Default Microsoft Edge Adalah..Baidu!

Di China, Search Engine Default Microsoft Edge Adalah..Baidu!

Ada salah satu quote guyonan yang cukup populer di barat, yaitu If god created anything, He must be from China. Ini hanyalah quote candaan yang menunjukkan bagaimana kekuatan negeri China bagi negara Barat. Bagaimana mayoritas produk inovatif hasil karya mereka rata-rata produksinya di outsource ke China (termasuk juga device Apple, Microsoft, Nokia, Dell, dsb)

Hal itulah yang seringkali membuat China mendapat perlakuan istimewa dari berbagai perusahaan dari negara Barat.

Seperti yang terjadi di Windows 10. Saat ini di China sudah ada lebih dari 10 juta pengguna Windows 10 sejak dirilisnya beberapa bulan yang lalu. Dan berbeda dengan di regional lain dimana search engine default Edge adalah Bing, di China Microsoft menjadikan Baidu sebagai search engine defaultnya. Hal ini merupakan bagian dari kerja sama Microsoft dan Baidu, serta upaya untuk meningkatkan user experience pengguna Windows 10 di China.

Tidak hanya dijadikan search engine default saja, Baidu juga menjadi default homepage dari Microsoft Edge. Baidu juga bakal merilis Universal Apps untuk Search, Video, Cloud, dan Maps di Windows 10. Artinya kemungkinan Windows 10 di China bakal benar-benar custom dengan mayoritas apps default yang juga milik teknologi lokal China, dan bukan menggunakan apps milik Microsoft.

Sebagai gantinya, Baidu bakal menyediakan “Windows 10 Express” yang memudahkan pengguna Baidu di China untuk download dan upgrade ke Windows 10 dengan jauh lebih mudah.

Kerjasama Microsoft dengan perusahaan China bukan hal yang asing lagi. Sebelumnya Microsoft juga bekerja sama dengan Xiaomi untuk menguji ROM Windows 10 Mobile yang dijalankan di smartphone Android Xiaomi Mi 4. (Baca juga: Windows 10 Mobile Sangat Mulus di Smartphone Android Xiaomi Mi 4 (Video))

Mungkin kedepannya bakal muncul ROM Windows 10 Mobile yang bisa diinstall di berbagai device Android? Hmm..mungkin saja. Berbagai peluang dan kemungkinan masih terbuka dengan sangat lebar.

Dan ngomong-ngomong, bagi kamu pengguna Windows 10 yang ingin mengubah search engine default Microsoft Edge (dari Bing ke Google, misalnya) bisa kamu lakukan dengan cara ini.

via microsoft

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Candra

    Gan launcher ifun lite buat lumia 730 kok gak ada ya di store?

  • ruddoank

    UCBROWSER juga broo………………….

  • Nixon Halim

    BING dimana suaramu BING……

  • makin bersaing ketat dengan Neoklyn :D

  • ميكي الفضلي

    Pemerintah China memang menekankan penggunaan produk-produk lokal dan meminimalisir penggunaan produk-produk impor walaupun sejelek apapun kualitas mereka. Beda dengan kita.