Sebelumnya kita tahu bahwa menggunakan perangkat via USB di WSL sangat tidak dimungkinkan, karena setiap kali dihubungkan, USB akan langsung terhubung ke Host bukan ke Distro Linux dibawah Windows Subsystem for Linux, hal ini tentu menjadi sebuah kekurangan terlebih mereka para developer.

Namun jaman telah berkembang, dimana di era Windows 11, ada sebuah aplikasi di GitHub yang bernama usbipd-win yang dapat digunakan untuk meneruskan lalu lintas data USB melalui jaringan virtual antara Windows dan WSL. Menariknya nih, Kode untuk dukungan USB/IP Protocol ini sudah ada di kernel linux sejak tahun 2009, namun dengan beberapa perubahan terbaru, ini membuatnya lebih mudah digunakan di WSL.

Dengan usbipd-win, nantinya para pengguna dapat menghubungkan USB di Windows dan meneruskannya ke WSL dengan lebih mudah, dan tentu kamu dapat mengakses dan menggunakan perangkat USB tersebut seperti pada OS Linux pada umumnya.

Untuk informasi dan mengenai cara installnya mungkin kamu dapat membaca beberapa sumber berikut devblogs.microsoft atau langsung ke github.com/usbipd-win/releases, atau kamu bisa langsung saja menonton video berdurasi 10 menit di Youtube WSL berikut:

Untuk kamu yang ingin mencoba usbipd-win, kamu perlu tahu bahwa ini membutuhkan prasyarat setidaknya OS yang terinstall adalah Windows 11, jadi silahkan perbaharui terlebih dahulu OS yang kamu gunakan.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Microsoft

  ⚡️ Modem Telkomsel Orbit TERMURAH, Secepat Apa..?? Review Telkomsel Orbit Star A1  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.