Home Editorial Diskusi: Benarkah Windows 7 Memang Se-Jadul Itu?

Diskusi: Benarkah Windows 7 Memang Se-Jadul Itu?

Jatuh Cinta Lagi dengan Windows 7

Windows 10 memang merupakan versi Windows terbaru saat ini. Dengan ditanamkannya berbagai fitur futuristik seperti smart assistant (Cortana), teroptimasi untuk cloud, Modern UI, serta dilengkapi Windows Store, Windows 10 memang terlihat sangat kekinian. Belum lagi adanya dukungan terhadap Virtual Reality / Mixed Reality di Creators Update yang segera dirilis sebentar lagi, membuat versi Windows sebelumnya seolah semakin tertinggal. (Baca: 16 Fitur Keren di Windows 10 Creators Update)

Tetapi benarkah demikian..?

Masa support Windows 7 bakal berakhir tahun 2020 nanti, dan saat masa itu tiba tidak akan ada lagi update serta patch security yang dirilis. (Baca: Tahun 2020, Microsoft Akan Mengakhiri Dukungan untuk Windows 7)

Microsoft bahkan menyatakan bahwa Windows 7 sudah jadul, karena:

  • Hanya Windows 10 yang support chip prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm terbaru
  • Banyak aplikasi yang kini dibuat dengan optimasi terhadap Windows 10
  • Perusahaan yang menggunakan Windows 7 memiliki resiko keamanan besar
  • Windows 7 dibuat di era 2000an yang berbasiskan arsitektur security jadul
  • Windows 7 tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan teknologi modern saat ini, serta tidak memenuhi standar keamanan yang diperlukan IT departement saat ini

Namun apakah Windows 7 memang sejadul itu?

Saat ini Windows 7 masih menjadi sistem operasi terpopuler yang paling banyak digunakan pengguna PC. Menurut data StatCounter masih ada lebih dari 40% orang yang menggunakan Windows 7, sedangkan Windows 10 masih digunakan oleh 28% pengguna saja.

Banyaknya pengguna Windows 7 sebenarnya mengindikasikan bahwa OS ini masih mumpuni untuk melakukan berbagai kebutuhan pengguna Windows saat ini. Ya..Windows 7 mungkin memang tidak dilengkapi fitur futuristik yang kekinian, tetapi harus diakui OS ini masih menjadi sistem operasi yang solid dan stable hingga saat ini. (Baca: Jatuh Cinta Lagi dengan Windows 7)

WinPoin ingin tahu seperti apa pendapat kamu terhadap Windows 7 ini. Setujukah kamu jika Windows 7 disebut sebagai OS jadul yang sudah ketinggalan jaman?

Isikan jawaban kamu di polling berikut ini, dan jika kamu punya alasan khusus yang memperkuat jawaban kamu tersebut, bisa langsung kamu sertakan di kolom komentar.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.