Sesuai dengan lifecycle Windows 10, pada tanggal 11 Mei 2021 hari ini menjadi tanggal berakhirnya dukungan Windows 10 November 2019 Update atau Windows 10 1909, versi yang diakhiri dukungannya ini mencakup versi Home dan Pro, dan tentu dengan berakhirnya dukungan ini, pengguna direkomendasikan untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih baru.

Sedikit kita flashback kembali, versi Windows 10 1909 ini menjadi versi WIndows 10 dengan update mayor pertama yang mendapati proses update super cepatnya, hal ini karena versi Windows 10 ini masih memiliki satu sumber yang sama dengan versi Windows 10 1903.

Selain itu ada sejumlah fitur baru yang diawali di versi ini, misalkan saja Membuat Event Langsung dari Calendar di Taskbar, Expand Menu Otomatis di Start Menu, Search Baru di File Explorer, dan beberapa perubahan lainnya yang pertama kali sempat kurang disukai karena adanya ketidak stabilan dari beberapa fitur tersebut, misalkan saja fitur Serach baru yang lebih lambat, dan juga memakan banyak Resource.

Selain itu, di versi ini pula OOBE ketika instalasi WIndows 10 mendapati perubahan, dimana pada Edisi Windows 10 Pro dan Home akan memiliki bagian OOBE yang berbeda.

Versi yang direkomendasikan untuk didapatkan

Namun karena versi ini sudah mendapati akhir dari dukungannya, dimana setelah itu versi Home dan Pro tidak akan lagi mendapatkan update apapun, termasuk keamanan, maka pengguna direkomendasikan untuk melakukan update ke versi yang lebih baru.

Versi yang lebih baru ini mencakup Windows 10 2004, 20H2 atau yang lebih baru seperti 21H1 yang direncanakan akan segera dirilis dalam beberapa minggu mendatang.

Versi Educations dan Enterprise masih dapatkan pembaruan hingga tahun depan

Berbeda dengan pengguna Home dan Pro, versi Educations dan Enterprise masih akan mendapatkan pembaruan hingga 10 Mei 2022 dimana masih ada sekitar 1 tahun dari sekarang untuk terus mendapatkan update di versi ini.

Hal ini karena pada dasarnya dukungan update versi Educations dan Enterprise adalah sekitar 30 Bulan sejak awal pertama kali versi tersebut dirilis, berbeda dengan versi Home dan Pro yang hanya mendapatkan dukungan update selama 18 Bulan saja.

Nah jika kamu adalah pengguna Windows 10 Home dan Pro yang masih menggunakan Windows 10 1909, sudahkah kamu melakukan update, komen dibawah guys.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.