Seperti yang telah kita tahu, Windows 7 telah mencapai akhir dukungan pada Januari 2020 lalu. Tetapi meskipun dukungan update telah diakhiri, Microsoft masih menyediakan opsi ESU atau Extended Security Update berbayar untuk pengguna yang masih ingin mendapatkan dukungan update security untuk OS tersebut.

Nah mengenai Windows 7 Extended Security Updates (ESU) yang memang direncanakan akan hadir selama tiga tahun dan memiliki harga cukup mahal tiap tahunnya, Microsoft saat ini mendesak pengguna untuk memperbarui system mereka ke OS yang lebih baru, mengingat Extended Security Update sendiri akan segera berakhir diawal tahun ini.

Pada dasarnya ESU sendiri tersedia untuk tiga tahun khusus pengguna yang membayar, dimana cakupannya yaitu pada tahun 2020, 2021, dan 2022, dan kini telah masuk ke tahun 2023 yang mana dukungan akan resmi diakhiri pada 10 Januari 2023 besok.

Lalu apakah akan ada ESU baru?, jawabannya tidak ada, dalam halaman resmi Microsoft, ESU atau Extended Security Update untuk Windows 7 ini resmi berakhir besok dan tidak akan ada waktu tambahan untuk pengguna.

“Organizations can purchase ESU at any time during the three years that the offer is available (2020, 2021, and 2022). If an organization waits and purchases ESU for the first time in year two or year three, they’ll also have to pay for the preceding years. It’s because the security updates that are offered under the ESU program are cumulative,” jelas Microsoft.

Opsi alternatif?, dilain pihak, ada third party patching seperti 0patch yang menawarkan Extendes Security Update hingga tahun 2025 nanti, yang mana daftar harga dari third party patching ini bisa kamu lihat pada halaman berikut.

Namun meskipun begitu, Microsoft tentu lebih merekomendasikan pengguna untuk melakukan update ke versi yang lebih baru seperti Windows 10 atau Windows 11.

Via : Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.