Facebook Beta di Windows 10 Bukan Hasil Porting Project Islandwood, Tapi Hasil “Osmeta”

Pertengahan November kemarin Facebook Beta untuk Windows 10 muncul di Windows Store. Ini adalah aplikasi yang rencananya bakal dijadikan universal apps — yang artinya bakal berjalan di Windows 10, Windows 10 Mobile, bahkan juga Xbox dan HoloLens.

Meskipun banyak desas-desus yang mengatakan bahwa aplikasi Facebook Beta ini adalah hasil porting Project Islandwood dari Facebook versi iOS, tetapi ternyata tidak demikian.

Developer WP apps kawakan, Rudy Huyn, menyatakan bahwa Facebook Beta ini merupakan hasil porting menggunakan Osmeta.

Osmeta merupakan start-up software mobile yang diakuisisi oleh Facebook, yang mengembangkant teknologi untuk membuat apps bisa berjalan secara cross platform di berbagai macam device dan berbagai ukuran layar — mirip seperti fitur yang ada di Project Islandwood.

Jadi memang benar jika Facebook di Windows 10 sejatinya merupakan Facebook iOS yang telah diporting ke Windows Store, hanya saja tools portingnya merupakan Osmeta dan bukan Islandwood.

Namun ini sangat keren! Karena meskipun Facebook sendiri memporting apps nya ke Windows Store menggunakan Osmeta, tetapi dengan manfaat yang sama dari Project Islandwood, sangat besar kemungkinan developer aplikasi dan layanan populer lain bakal mengikuti jejak tersebut, yaitu menghadirkan apps unggulan mereka di iOS ke Windows 10 ataupun Windows 10 Mobile — memperluas jangkauan market apps mereka ke Windows platform tanpa memerlukan banyak effort.

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.