Di Windows 10 Redstone, Cortana Bisa Muncul Dimana Saja

Microsoft memang baru saja merilis Cortana untuk Android dan iOS, tetapi dibelakang itu semua mereka juga menyiapkan perombakan besar di Cortana versi Windows 10 nya.

Di update mayor Windows 10 Redstone, Microsoft kabarnya bakal membuat Cortana lebih powerful dibandingkan saat ini. Salah satunya adalah dengan memampukan Cortana muncul dimana saja.

Untuk saat ini Cortana hanya berdiam diri di Start Menu (di search box taskbar Windows 10). Tetapi kedepannya Cortana bisa muncul diatas dokumen untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dan memberikan informasi yang kamu butuhkan.

Kemunculannya diatas dokumen mungkin bakal seperti Clippy yang ada di Office lawas bertahun-tahun yang lalu. Hanya saja Cortana tentu menjadi powerful search tool yang bisa kamu perintahkan untuk membantu menyelesaikan ini dan itu, mencari informasi tentang ini dan itu, serta banyak kegunaan lainnya.

Intinya Cortana tidak hanya akan berdiam diri di tempat saja, tetapi bisa muncul dan floating di berbagai tempat lainnya.

Cortana juga bakal terintegrasi lebih dalam dengan berbagai fitur dan pengaturan di Windows 10, misalnya saja bisa kamu perintahkan untuk mute notifikasi, membaca email, dsb.

 

Cortana untuk Windows 10 Mobile

Ayo Ikutan Vote Agar Cortana Support Bahasa Indonesia

Selain memoles versi desktopnya, Microsoft juga bakal menjadikan Cortana di Windows 10 Mobile lebih powerful dari saat ini. Fitur seperti Task Continuation yang beberapa waktu lalu sudah dirilis di Android & iOS (serta bisa kita coba sebagian melalui Windows 10 Mobile Preview), bakal membuat Cortana menjadi penghubung antara PC dan smartphone.

Aktivitas, data, dokumen, dan berbagai hal yang kita lakukan di smartphone nantinya bakal bisa kita lanjutkan di PC — dan begitu pula sebaliknya. (Baca juga: Update Redstone Bakal Membuat Windows 10 PC dan Mobile Kamu Semakin Menyatu)

Semua ini bakal bisa kita nikmati melalui update mayor Windows 10 Redstone yang rencananya bakal dirilis pertengahan 2016 nanti. Bukan tidak mungkin juga event BUILD 2016 bakal menjadi momen dirilisnya update Redstone ini.

via theverge

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.