HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

Menepati janjinya, Microsoft akhirnya merilis Cortana untuk Android dan iOS. Smart assistant yang dulunya hanya eksklusif bagi pengguna Windows Phone ini memang telah diputuskan menjadi cross platform oleh Microsoft.

Kini pengguna Android & iOS sudah bisa mendownload Cortana di Google Play dan Apple App Store, meskipun untuk saat ini masih terbatas bagi region US dan China saja. *dengan sedikit kreativitas pengguna Android bisa menginstall di devicenya, meskipun tidak berada di region US

Adanya Cortana ini membuat pengguna Android & iOS bisa terus terhubung dengan Windows PC miliknya, sekaligus memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari.

Misalkan saja ketika pengguna Android & iOS mendapatkan missed call atau SMS di smartphone, mereka akan mendapatkan notifikasi dan bisa me-reply SMS tersebut langsung dari Windows PC.

Belum lagi fitur-fitur smart assistant lainnya seperti reminder, jadwal, tracking penerbangan, dsb.

Batasan platform memang membuat Cortana di Android dan iOS tidak bisa sebebas Cortana di Windows Phone, misalnya saja tidak bisa untuk membuka apps, settings, ataupun “Hey Cortana” di iOS. Tetapi Microsoft berkomitmen untuk terus menghadirkan fitur-fitur terbaik di Cortana.

 

Cortana untuk Cyanogen Dengan Integrasi Ala Windows Phone

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

Karena di Android & iOS ada batasan platform yang membuat Microsoft tidak bisa bebas mengembangkan fitur Cortana, akhirnya integrasi yang lebih dalam dilakukan kepada Cyanogen.

Bekerja sama dengan Cyanogen, Cortana dikembangkan mirip seperti di Windows Phone. Integrasinya sampai ke level OS sehingga semua fitur Cortana bisa ditanamkan disana. Kamu bisa memanggil “Hey Cortana”, memintanya mengatur settings, mematikan smartphone, mengubah profile dering, dsb.

Cortana di Cyanogen tersebut bakal langsung dibundling bersamaan dengan device berbasis Cyanogen OS mulai awal tahun depan, dan akan hadir di One Plus One melalui update OTA akhir Desember ini.

Selain bisa mendownload langsung Cortana dari Google Play dan App Store, kamu juga bisa mendapatkannya melalui Phone Companion App di Windows 10.

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.