Home News HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

Menepati janjinya, Microsoft akhirnya merilis Cortana untuk Android dan iOS. Smart assistant yang dulunya hanya eksklusif bagi pengguna Windows Phone ini memang telah diputuskan menjadi cross platform oleh Microsoft.

Kini pengguna Android & iOS sudah bisa mendownload Cortana di Google Play dan Apple App Store, meskipun untuk saat ini masih terbatas bagi region US dan China saja. *dengan sedikit kreativitas pengguna Android bisa menginstall di devicenya, meskipun tidak berada di region US

Adanya Cortana ini membuat pengguna Android & iOS bisa terus terhubung dengan Windows PC miliknya, sekaligus memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari.

Misalkan saja ketika pengguna Android & iOS mendapatkan missed call atau SMS di smartphone, mereka akan mendapatkan notifikasi dan bisa me-reply SMS tersebut langsung dari Windows PC.

Belum lagi fitur-fitur smart assistant lainnya seperti reminder, jadwal, tracking penerbangan, dsb.

Batasan platform memang membuat Cortana di Android dan iOS tidak bisa sebebas Cortana di Windows Phone, misalnya saja tidak bisa untuk membuka apps, settings, ataupun “Hey Cortana” di iOS. Tetapi Microsoft berkomitmen untuk terus menghadirkan fitur-fitur terbaik di Cortana.

 

Cortana untuk Cyanogen Dengan Integrasi Ala Windows Phone

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

Karena di Android & iOS ada batasan platform yang membuat Microsoft tidak bisa bebas mengembangkan fitur Cortana, akhirnya integrasi yang lebih dalam dilakukan kepada Cyanogen.

Bekerja sama dengan Cyanogen, Cortana dikembangkan mirip seperti di Windows Phone. Integrasinya sampai ke level OS sehingga semua fitur Cortana bisa ditanamkan disana. Kamu bisa memanggil “Hey Cortana”, memintanya mengatur settings, mematikan smartphone, mengubah profile dering, dsb.

Cortana di Cyanogen tersebut bakal langsung dibundling bersamaan dengan device berbasis Cyanogen OS mulai awal tahun depan, dan akan hadir di One Plus One melalui update OTA akhir Desember ini.

Selain bisa mendownload langsung Cortana dari Google Play dan App Store, kamu juga bisa mendapatkannya melalui Phone Companion App di Windows 10.

HOT: Cortana untuk Android, iOS, & Cyanogen Sudah Dirilis

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.

  • Whyu Wa

    wp = 0, kasian sekarang wp udah gk punya apa2 lagi sesuatu yg paling berharga sudah dibagikan ke yg lain, cortana, mixradio[dijual], here map, app msn[ilang],

    besok tinggal groove, ms edge, continuum yg pindah.. miris

    • dan akan tiba masa ketika user os sebelah nanya “emang di wp ada apa
      sih?” setelah kita jawab, doi bilang “yah kalo itu mah di gue juga ada”.
      kebalikannya kalo kita nanya kaya gitu duluan ke mereka.

      • Whyu Wa

        terus ditanya : “emang sh os sering update,, tapi apakah aplikasi kalian seupdate kita? ” langsung jleeb

    • Andrie Anugrah

      Semoga microsoft tidak menganak tirikan Windows Phone nya untuk bersaing dengan iOS dan Tabung Hijau :(. Come on Windows 10 Mobile kapan rilis finalnya :v

    • cari duit susah gan :)

  • Gila WP gimana nih

  • dirga wahyu adiaksa

    Sebenarnya microsoft nih pengen windows 10 mobile jadi kaya apa sih ? Apa cuman semata-mata mengejar keuntungan dengan merilis berbagai aplikasi unggulan ke platform lain ? Apa dengan kaya gini bisa naikin market share wp sendiri ?

  • Zahid Fakhruddin

    i love microsoft, i love windows os, but i really fuking hate its app gap, so … move to cyanogen os with full integration of microsoft apps maybe :’D

    • kayaknya Cyanogen bakal bisa jadi bridge jg kl suka sm Microsoft Apps & services, krn apps2 android MS bisa jalan disitu..plus integrasi Cortana yg mendalam ala Windows Phone

  • Wahid Budi Prasetyo

    Kalau cortana dibawa ke platform lain kan basis pengguna jadi lebih banyak. Keuntungan kita sebagai pengguna adalah. Tidak ada. Hehehe. Bercanda. User experience akan semakin bagus. Pencarian kita terhadap segala sesuatunya bakal lebih akurat juga. Tapi ya kalau bisa support lebih banyak negara termasuk indonesia sih.

    • Nurcahya

      bener sih, kalo dibawa ke platform lain otomatis orang juga entar terbiasa pake bing. dan akhirnya bing mulai banyak yang pake, kemudian experience bing juga naik

  • WP terlantar :D

  • jagungbakar

    Daaa..aa..annnn..nn….. windows phone/ mobile 10 semakin tertingal…. nasib anak tiri..

  • Zulmi Kurniawan

    Mungkin cyanogen. Tunggu murah aja laah.

  • Rasshid

    keknya CM12.1 ga dapet yg full intregration dah :v tergantung devnya kan?

  • Billymadrid

    Cartono