Setelah memperbarui browser Firefox ke versi 98 yang mana versi ini direncanakan akan dirilis pada 8 Maret 2022 nanti, kabarnya sebagian pengguna akan mendapati perubahan default search engine mereka.

Mengenai hal ini, Mozilla sendiri mengkonfirmasi perubahan ini dalam halaman resmi nya, namun sayangnya belum jelas search engine mana yang akan mereka ganti.

Alasan kenapa Mozilla melakukan hal ini adalah mereka berenana untuk memaksa perubahan search engine yang diklaim karena tidak adanya kesepakatan resmi atau formal permission, yang mana dengan itu tidak mungkin untuk memasukkan penyedia search engine tertentu didalam browser.

Selain itu berdaarkan postingan resminya, dikatakan bahwa masing masing peruashaan ditawari untuk mendatangani perjanjian tersebut, dan mereka yang tidak memenuhi persyaratan akan dihapus. Contohnya saja Mozilla yang menghapus Yahoo dari opsi default search engine pada tahun 2017 lalu dengan alasan yang sama.

Setelah default search engine diubah, pengguna dapat memulihkan kembali default search engine mereka, namun dalam hal ini pengguna perlu menginstall plug-in atau add-on search engine external. Jika kamu pengguna linux, kamu mungkin sudah familiar dengan hal seperti ini, di mana pengguna linux mint yang ingin menggunakan Google di Firefox ternyata memiliki prosedur yang sama.

Umumnya, jika kita telaah lebih lanjut di halaman pengumumannya, perubahan ini pada dasarnya adalah bagian dari partnership antara Firefox dan penyedia search engine.

Nah jadi jangan terkejut jika nanti kamu mungkin mendapati bahwa default search engine di Firefox kamu berubah, mungkin dari Google ke Bing, atau dari Google ke DuckDuckGo, kita tidak tahu akan seperti apa dan default search engine yang akan dikirimkan.

Via: Mozilla

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.