Sedikit informasi mengenai Firefox, baru baru ini dikabarkan Mozilla kini menambahkan dukungan untuk DNS yang terenkripsi melalui HTTPS atau biasa disebut dengan (DoH/ DNS over HTTPS). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Privacy dan Security pada browser mereka.

Seperti yang ditulis Selena Deckelmann dari Mozilla dalam pengumumannya mengatakan, “Today, Firefox began the rollout of encrypted DNS over HTTPS (DoH) by default for US-based users,”“The rollout will continue over the next few weeks to confirm no major issues are discovered as this new protocol is enabled for Firefox’s US-based users.” lanjutnya.

Seperti yang dijelaskan Mozilla, Domain Name System (DNS) yang digunakan oleh semua situs dan layanan internet bisa saja tidak aman dikarenakan menggunakan teknologi lama dan tidak terenkripsi, bahkan untuk website yang sudah menggunakan HTTPS sekalipun. Namun DoH memaksa semua DNS Lookups muncul diatas koneksi yang terenkripsi, sehingga hal ini bisa membantu mencegah DNS Server atau hacker jahat menggunakan serangan man in the middle attack untuk melihat atau mengumpulkan browsing history pengguna. ya kurang lebihnya seperti itu.

Meskipun Mozilla mengatakan hanya mengaktifkan DoH untuk pengguna Firefox di Amerika Serikat saja, siapapun dapat mengaktifkan fitur ini secara manual melalui Settings > General > Network Settings selanjutnya klik Setting Button disebelah kanan dan enable DNS over HTTPS.

Terkait DNS Over HTTPS :

Fun Fact : Sebenarnya fitur ini sudah tersedia sejak bulan November 2019 lalu, hanya saja kini Firefox mengaktifkannya secara default untuk pengguna di Amerika Serikat.

Via : Mozilla

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.