Home Editorial Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

Berawal dari pertemuan di Kopdar Lumia Indonesia, saya cukup penasaran dengan sosok Angelica Sherlen — satu-satunya cewek yang hadir dan terlihat sangat passionate dengan Windows & berbagai teknologi besutan Microsoft lainnya. Usut punya usut, ternyata si doi pernah di featured di Fanspage Official Microsoft Indonesia atas puisi Windows yang dia buat beberapa tahun silam.

Karena semakin tertarik dengan sosok uniknya, kita akhirnya melakukan sedikit interview dengan Angelica Sherlen, dan inilah hasil interview tersebut.

 

Ceritakan sedikit tentang diri kamu

Saya seorang mahasiswa Semester 2 (masih terlalu dini hehehe) jurusan Teknik Informatika di Matana University. Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan Microsoft dan Windows dari umur 12 tahun, dan hingga saat ini masih berlanjut menjadi fans tanpa henti, hehehe.

 

Tidak banyak cewek yang punya ketertarikan besar terhadap dunia IT, bagaimana awal kisah kamu bisa tercebur kedalamnya?

Berawal ketika saya memasuki ke ruang server untuk pertama kalinya di sekolah sewaktu saya masih SD, tepatnya kelas 6 SD. Dari situlah berawal ketika komputer Bapak Fendi (orang yang mengelola bagian teknis di sekolah saya dulunya) di pasang tampilan yang mirip dengan Windows Vista, yang kala itu masih belum dirilis dan waktu itu baru saja mencapai tahap RTM (Release to Manufacturing).

Ketika di rumah, saya mencoba dari hal yang sederhana, yaitu mengutak-atik sendiri komputer di rumah untuk mengubah tampilan komputer yang tadinya menggunakan Windows XP, diubah tampilannya menjadi mirip Windows Vista (menggunakan software Vista Transformation Pack 5.0 pada saat itu). Tetapi sejak saat itu komputer bermasalah karena terlalu sering merubah tampilan, saya mencoba install ulang komputer sendiri, secara otodidak.

Sejak saat itulah, mulai terjun ke dunia IT karena sejak SMP hingga SMA sudah mulai suka memberitahu untuk upgrade, membetulkan komputer teman sejak SMA, seperti minta install ulang Windows, install driver, dll.

 

Kenapa Microsoft & Windows? Kenapa tidak yang lain?

  1. Bagi saya, Windows is user-friendly: karena dari segi UI dan fungsionalitas secara umum dapat memudahkan penggunanya, apalagi saya sebagai Windows user sudah bertahun-tahun menggunakan Windows sebagai OS utama.
  2. Kenapa Microsoft? Karena beberapa produknya seperti Windows, Office, dll semua itu dapat mempermudah user untuk menggunakannya, terutama user-friendliness dalam penggunaannya.
  3. Tidak bisa berpindah ke lain hati, karena secara pengalaman ketika waktu SMP, sekolah saya tiba-tiba bermigrasi ke Ubuntu Linux dan secara penggunaannya bagi saya sulit dan tidak terbiasa. Tidak seperti Windows yang sudah kental dengan user-friendlinessnya.

 

Apa yang paling membuat kamu tertarik dengan Windows dan Microsoft?

Yang membuatku tertarik kepada Windows karena dari segi UI, bisa ubah tampilan sendiri sesuai keinginan, tampilan yang indah yang membuat user bisa mengoperasikannya secara terbiasa, dan dari segi pengunaan, lebih mudah. Kalau Microsoft, dilihat dari produk-produk yang mereka buat dapat membuat seorang user mempermudah dalam produktivitas sehari-hari, baik pengguna biasa, pengguna bisnis, hingga developer (dalam hal ini Visual Studio sebagai tools untuk membuat aplikasi).

 

Sudah berapa lama kamu tertarik dengan Windows & Microsoft?

Sudah 8 tahun lamanya, tepatnya dari November 2006 (sejak era Windows Vista) hingga saat ini saya masih tertarik dengan Windows maupun Microsoft, apalagi saat ini dengan hadirnya Windows 10 di tanggal 29 Juli nanti, semua orang termasuk saya sendiri tidak sabar menunggu untuk membeberkan kabar free upgrade mengenai tersedianya Windows 10 nanti, hehehe. ;)

 

Apa saja karya seputar Windows & Microsoft yang sudah pernah dibuat?

Hingga saat ini ada 2 karya yang saya pernah buat, handmade dan puisi (yang pastinya berhubungan seputar Windows maupun Microsoft).

Hasil handmade: Berupa sebuah kue yang terbuat dari kertas kokoru yang bertemakan produk Microsoft:

Dan juga Beberapa puisi yang bertemakan Microsoft juga sempat saya buat, apalagi setiap kali peluncuran produk (dalam hal ini Windows) saya sempatkan diri untuk membuat puisi mengenai hal ini.

 

Dari sekian banyak karya yang pernah dibuat, mana yang paling menjadi favorit kamu, dan kenapa?

Puisi yang saya buat bertemakan seputar Microsoft yang menjadi favorit bagi saya, karena hobi saya selain ngutak-atik PC, saya juga suka menulis, terutama yang bertemakan teknologi.

 

Hingga saat ini, apa pencapaian tertinggi kamu bersama dengan Windows & Microsoft Indonesia?

Pencapaian selama menjadi user dan fans Windows:

Dapat upgrade lompatan jauh dari Windows XP ke Windows 10 Insider Preview, dan itupun juga karena waktu itu beruntunglah saya saat itu bisa mendapatkan netbook secara cuma-cuma dari teman mama saya, sehinga saya saat ini bisa mencoba versi preview dari Windows 10, karena ada alasan selama bertahun-tahun kenapa dulu saya belum bisa beralih ketika versi Windows baru tiba, dan saat itu masih stuck di Windows XP, dikarenakan masalah finansial orang tua yang blm mampu upgrade ke OS baru.

Pencapaian saya dengan Microsoft Indonesia:

Ada satu momen yang saya ingat ketika saya menghadiri Consumer Launch Windows 8 di salah satu mal di Jakarta, yaitu pertama kalinya saya bertemu dengan seorang pimpinan, beliau adalah seorang Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Bapak Andreas Diantoro, dan membaca sebuah puisi di panggung pameran tentang Windows 8 pada saat itu.

 

Bagaimana pendapat kamu tentang Microsoft Indonesia?

Saat ini yang saya lihat selama ini Microsoft Indonesia sudah mulai rutin mengadakan event-event tertentu, seperti Netizen Night, Kopdar, bahkan terkadang kalau ada event pameran mereka juga berpatisipasi dalam pameran tersebut, sebagai contoh terakhir yang saya hadiri pada saat event pameran MegaBazaar, mereka pada saat itu sedang mendemokan Windows 10 dan Windows 8.1.

 

Bagaimana tanggapan orang tua terhadap ketertarikan kamu di dunia IT?

Secara demikian orang tua mendukung penuh apa yang terbaik bagi saya tanpa paksaan apapun, terutama dukungan besar dari mami saya, mendukung sekali terhadap ketertarikan saya di dunia IT. Setiap saat mami saya selalu bertanya ketika apa yang beliau tidak mengerti tentang teknologi kepada saya.\

 

Seperti apa rasanya menjadi geek girl? Apa suka duka nya?

Tidak seperti kebanyakan cewek pada umumnya, saya ingin menjadi yang berbeda, istimewa, dan juga unik — seorang cewek menyukai hal-hal yang bersangkutan dengan teknologi, dan itu rasanya sangat menyenangkan. Meskipun jujur saja dulunya saya jadi sulit cari temen (karena posisi diri saya dulu memang seorang techno lover sendiri di sekolah, sampai saya dulu dianggap orang aneh -_-,). Tetapi kondisi sudah berbeda pada masa kuliah sekarang.

 

Apakah kedepannya ingin bekerja di Microsoft Indonesia?

Mudah-mudahan bisa #Amin, karena waktu itu Kak Mohammad Ario Adimas (dulu beliau adalah Marketing Manager Microsoft Indonesia, sekarang beliau sudah di Telkomsel) berpesan: “Suatu saat nanti pastikan kamu kerja di Microsoft dan berkarya di sana”

 

Apa insight dan prediksi kamu tentang masa depan Windows, apa saja yang perlu diperbaiki?

Windows will be reinvented the way we use a computer these days! Maksudnya adalah Windows di masa mendatang akan berbeda dalam hal cara kita menggunakan komputer saat ini, terutama di era Windows 10 saat ini, seperti perangkat kacamata Hololens yang membawa pengalaman komputasi menggunakan hologram (holographic computing), dan dari Windows 10 itu sendiri, akan mengubah cara kita menggunakan PC seperti dulu, namun lebih baik, dimana Start Menu telah kembali, adanya pesonal asisten digital Cortana, aplikasi Windows Store yang universal, dll.

Namun yang perlu diperbaiki adalah sebuah kesempurnaan yang menggambarkan OS Windows itu sendiri, dimana ada peningkatan lagi melalui update, dan juga masukan dari beberapa pengguna.

 

Apa target dan tujuan kamu selanjutnya?

Saat ini sedang memfokuskan diri dengan ujian akhir semester di kampus nanti di akhir Juni, dan setelah itu saya sedang mempersiapkan sebuah puisi tentang Windows 10 (yang akan dibuat pada saat hari peluncurannya) dan project-project lain yang belum selesai (pokoknya banyak deh).

 

Tips dan pesan kamu untuk Geek Girl & Microsoft Lovers lainnya?

Yang bisa saya bilang hanya demikian: Berjuanglah apa yang ingin kamu inginkan dan dapatkan, cintailah apa yang kamu sukai dan tanamkanlah hal yang kamu sukai itu dari dalam hati kalian.

 

Apa harapan kamu untuk WinPoin kedepannya?

Harapan saya untuk komunitas WinPoin: semakin banyak fans-fans Windows di dalam komunitas ini, bisa menebarkan tips-tips kepada para pengguna di luar sana yang belum mengerti / ingin tahu cara mengoptimalkan OS yang mereka pakai, dan sering-sering ada gathering community sesama member, hehehe ;)

 

Link Twitter, Facebook, Instagram, Ask.fm, atau media sosial lain yang bisa dihubungi?

Blog yang bisa diakses:

 

Foto-foto kamu bersama Microsoft yang bisa kamu bagikan?

 24th November 2012: Foto waktu penyerahan DVD Windows 8 FPP oleh Presdir Microsoft saat acara #8perience

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

29th October 2013: Foto di meja kerja Presdir Microsoft saat di kantor Microsoft Indonesia

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

16th February 2014: Foto bersama Pak Lucky Gani (Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia) dan Pak Willy Hendrajudo (CMO Lead Microsoft Indonesia) pada saat acara Cermat

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

21st October 2014: Acara #TechDaysID–bersama Presdir Microsoft, Acer and Intel Director, dan seorang sahabat terdekat saya berserta ibunya.

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

26th March 2015: Seusai acara #ImagineCupID National Final 2015–bersama Presdir Microsoft, Pak Anthonius Henricus (Developer Experience Director Microsoft Indonesia), Mr. Joe Wilson (Worldwide GM Developer Experience Microsoft) dan Ms. Eleni Rachaniotou (Business Manager Field Acceleration & Support Microsoft)

Geek Girl & Windows Lovers, Angelica Sherlen Berbagi Kisah

 

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    “Di pasang tampilan yang mirip dengan Windows Vista, yang kala itu masih belum dirilis dan waktu itu baru saja mencapai tahap RTM” Kayaknya yang kakak maksud adalah OS Betanya “Whitsler”!

    Wah beliau bisa dikatakan “Geek Girl Master”, keren…
    Wah wajib masuk berita di TV nih..

    Oh ya ngomong – ngomong kemana yah om Norman Sasono..?

    • Gue dateng lagi

      eh… ktemu sma si Iday belegug lg disini ??
      Gmna dek ? udah nangisnya ? wkwkwk Pundung lu ya ?
      gw bully abis abisan lu disini. Hahaha !!!!!!
      Nom venom.

    • hprabowo

      iya, kok kagak nongol pak norman, biasanya ngeksis :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Ane berteman dengan om Norman Sasono di fb..

        • hprabowo

          sama gan, :v
          padahal di fb sering share2 lho dia ;v

  • doblonk

    keren :o

  • Yocktan Thobias

    Satya Nadella juga penggemar puisi. Entah kenapa, banyak programmer yang mahir justru penggemar puisi. Katanya sih, kalo mau bikin kode yang powerful dan efisien itu belajar dari puisi. Entahlah, aku bukan penulis kode ataupun puisi.

    • Fayyadh Muchlis

      ane juga suka buat puisi, cuma malu pas bacanya apalagi didepan umum,,,

    • Labib Muhammad

      Apa?! Membuat puisi memperlancar tata bahasa coding? Buat 1 bait aja 2 hari -_-

      • Lebih tepatnya mungkin memberi ilham gimana ngatur kode-kode supaya ga semrawut dan ga jadi spaghetti codes (ga tau juga kenapa dinamakan spaghetti codes … padahal spaghetti lurus-lurus. Malah indomie yang kriting ga jelas :p). Banyak developer yang kalo bikin aplikasi, codingnya suka ngasal. Saking berantakannya, kalau ada project buat enhance, malah lebih gampang bikin baru dari awal. Walau lebih lama, tapi stress levelnya jauh lebih ringan dibanding tracing code yang jumpalitan sana-sini. :3

  • Rasshid

    Biasanya admin nulis gini ini kayaknya bakal dijadiin admin dah. Ya nggak? :v

    • Dan… terjadi sekarang :v :v

      BTW, Gak sengaja nemu ini :v

      • Rasshid

        :v

  • Muhammad Sultan

    Kepincut sama kaos cortana nya di salah satu foto. Winpoin buatin ya kaos nya, yang simple aja