Google Akan Mengubah Kardus VR Mainan Menjadi Virtual Reality Sungguhan

Langkah Microsoft memperkenalkan Hololens, Facebook membeli Oculus Rift, dan Sony mengembangkan Morpheus semakin menunjukkan bahwa Virtual Reality adalah masa depan, dan terjun di bisnis ini bakal sangat menggiurkan.

Pada event Google IO 2014 lalu, Google membuat sebuah gebrakan unik dengan memungkinkan semua orang bisa menikmati sensasi Virtual Reality hanya dengan bermodalkan lensa dan magnet yang bisa dibeli dengan murah, kardus yang bisa dibuat dan dipotong sendiri, smartphone Android, serta aplikasi gratis Google Cardboard.

Google Akan Mengubah Kardus VR Mainan Menjadi Virtual Reality Sungguhan

Sejak saat itu banyak sekali orang sudah menikmati sensasi Virtual Reality dengan menggunakan kardus tersebut.

Google Akan Mengubah Kardus VR Mainan Menjadi Virtual Reality Sungguhan

Melihat kompetitornya seperti Microsoft, Facebook, dan Sony semakin serius mengembangkan Virtual Reality dengan harga mahal, Google rupanya mengambil jalan lain yaitu fokus mengembangkan virtual reality dengan harga murah yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Mereka akan mengembangkan si kardus Google Cardboard memiliki fitur dan manfaat seperti Virtual Reality sungguhan. Google akan menambahkan aplikasi untuk melihat informasi cuaca, kota, video, hiburan, game, dsb.

Dengan begitu kedepannya orang tidak perlu membeli device VR seharga jutaan bahkan puluhan juta untuk bisa menikmati Virtual Reality beserta seluruh manfaatnya. Cukup menggunakan Smartphone Android dan kardus yang bisa didesain sendiri di rumah atau dibeli dengan harga sangat murah.

 

Haruskah Microsoft Merilis Langkah yang Sama dengan Windows 10 Mobile?

Strategi Google ini memang cukup tepat bagi pengguna di negara berkembang seperti Indonesia. Dengan biaya yang bisa dibilang minim, nantinya kita bisa menikmati sensasi kecanggihan virtual reality secara sederhana.

Google Akan Mengubah Kardus VR Mainan Menjadi Virtual Reality Sungguhan

Lalu bagimana dengan Microsoft, haruskah mereka juga mengikuti langkah yang sama dengan merilis berbagai aplikasi VR sehingga pengguna Windows 10 Mobile bisa menikmati virtual reality dengan harga murah? Ataukah sebaiknya tetap fokus di hololens yang super canggih namun harganya tentu jauh diatas daya beli sebagian besar orang?

HOT: Masa Depan Sudah Disini — Inilah Microsoft HoloLens yang Super Canggih! (Video)

Bagikan pendapat kamu disini

via fastcodesign

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.