Google AR Headset

Tahun 2015 lalu Microsoft memperkenalkan HoloLens, sebuah headset Augmented Reality (AR) yang menggabungkan obyek virtual dengan dunia nyata — dan bisa dipakai secara langsung tanpa terhubung ke PC. (Baca: Masa Depan Sudah Disini — Inilah Microsoft HoloLens yang Super Canggih! (Video))

Microsoft kini dikabarkan tengah membuat HoloLens 2.0 yang lebih ringan, lebih murah, dan kini lebih ditujukan bagi konsumen. Tetapi sayangnya Microsoft tidak lagi sendiri, karena kabarnya Google juga tengah membuat HoloLens versinya sendiri yang juga diperuntukkan bagi konsumer.

Dari bocoran terbaru, para engineer Google dikabarkan tengah mengerjakan AR headset yang menggunakan teknologi Daydream. Dikenal internal dengan codename Google A65, headset ini bakal menjadi headset AR yang bisa digunakan langsung tanpa harus terhubung ke PC.

Google A65 ini menggunakan chipset Qualcomm QSC603, dilengkapi kamera, microphone, dan komponen AR lainnya. Untuk melakukan hal ini Google bekerja sama dengan Quanta, partnernya yang juga turut menproduksi Pixel C.

Dengan menggunakan prosesor ARM, Google bisa mengatasi salah satu kekurangan dari HoloLens seputar borosnya konsumsi daya. Sampai saat ini HoloLens memang masih memakai prosesor Intel x86, meskipun kedepannya kemungkinan besar Microsoft bakal beralih memakai prosesor ARM besutan Qualcomm.

Melihat beberapa fitur Android P kemarin yang juga membawa AR kedalam smartphone, seperti navigasi real-time Google Maps misalnya, maka headset AR Google ini bisa sangat berguna bagi kalangan konsumer — jika memang Google berhasil menjadikannya consumer friendly dari sisi harga maupun kepraktisan penggunaan.

Selain Google, Apple juga dikabarkan tengah mengerjakan proyek serupa. Jadi meskipun Microsoft memperkenalkannya lebih dulu dan menjadi pioner, tetapi di masa mendatang HoloLens dan headset AR buatan Google / Apple bakal kembali bersaing dan berebut konsumen.

Lalu siapa kira-kira yang bakal menguasai ranah headset AR, yang digadang-gadang bakal menjadi primadona selanjutnya di era post-smartphone nanti?

Bagikan pendapat kamu disini.

via slashgear

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.