Google One — Apa Itu?

Google baru saja mengumumkan layanan barunya, yaitu Google One. Lalu apa itu Google One dan apa manfaatnya bagi kita?

Apa itu Google One

Sebenarnya Google One bukanlah sebuah layanan baru, tetapi merupakan nama dari layanan baru Google yang saling terintegrasi. Jadi kalo kamu perhatikan saat ini, Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB. Lalu ada paket 100GB seharga 26.900 rupiah per bulan, 1TB seharga 135.000 rupiah per bulan, dan seterusnya.

Nah Google One ini merupakan paket subscription Google yang baru — menggantikan paket berlangganan versi lama tersebut.

Perbedaan Google One dan Google Drive Berbayar

Mungkin kamu bertanya-tanya: lalu apa bedanya Google One dan Google Drive berbayar?

1. Lebih Murah

Pertama, dengan paket baru Google One ini biaya berlangganan jadi jauh lebih murah. 100GB bakal dijual seharga $1.99 saja, lalu ada paket baru 200GB seharga $2.99 per bulan. Paket 1TB dihilangkan, tetapi dengan harga yang sama yaitu $9.99 kini kamu bakal mendapatkan kapasitas 2TB. Untuk paket diatas 2TB, harganya masih tetap sama dan tidak berubah.

2. Satu Langganan untuk Semua

Dengan berlangganan Google One, maka kapasitas penyimpanan yang kamu dapatkan bisa dipakai di semua layanan Google — mulai dari Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan akses ke berbagai bonus ekstra seperti Credits di Google Play, dsb.

3. Bisa Digunakan Bersama Keluarga

Nah ini adalah perbedaan yang paling utama dari Google One: kamu bisa menggunakannya bersama dengan keluarga. Jadi kapasitas storage yang kamu miliki bisa di share dengan maksimal lima anggota keluarga.

Jika saat ini kamu pengguna Google Drive berbayar, maka akan otomatis dimigrasi ke Google One mulai beberapa bulan kedepan. Sedangkan jika kamu pengguna G Suite, sangat disayangkan Google One ini tidak punya mengubah paket apapun.

Google menyatakan bahwa Google One bakal dirilis pertama kali di US dan akan berlanjut secara bertahap secara global, termasuk ke Indonesia juga.

Google One vs OneDrive

Dengan diperkenalkannya Google One ini, maka persaingan di ranah cloud storage antara Google, Dropbox, dan OneDrive semakin panas. Microsoft masih punya kelebihan dengan menyertakan lisensi Microsoft Office di paket berlangganan Office 365 dengan 1TB OneDrive storage. Sedangkan Google punya keunggulan di fleksibilitas pilihan paket storage harga murah, karena OneDrive hanya menyediakan 1 pilihan untuk kapasitas murah, yaitu 31.000 rupiah per bulan untuk 50GB storage tanpa Office.

Lalu diantara berbagai layanan cloud populer tersebut, mana yang bakal menjadi pilihan kamu? Google One, OneDrive (Office 365), ataukah Dropbox?

Bagikan pendapat kamu disini.

via Google

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.