Google Umumkan Tool Baru Untuk Pastikan Pengguna Gunakan Extensions Yang Aman

Baru baru ini Google mengumumkan sebuah alat baru yang bertujuan untuk memastikan para pengguna menggunakan Extensions yang aman dan terpercaya. Dimana mulai pada Google Chrome 117 yang direncanakan akan hadir bulan depan, browser nantinya akan memberikan notifikasi jika extensions yang pengguna gunakan tidak lagi tersedia di Chrome Web Store.

Menurut informasi dari Google, safety check untuk Extension ini akan memiliki tiga skenario yang diantaranya adalah :

  • Developer menghapus proyek dari Chrome Web Store
  • Google telah menghapus ekstensi karena melanggar kebijakan Chrome Web Store.
  • Ekstensi telah ditandai sebagai malware atau berbahaya.

Jika Extension mendapati skenario seperti salah satu dari tiga hal diatas, maka otomatis pengguna akan diberikan notifikasi mengenai hal tersebut dan tentunya Google Chrome akan menyarankan pengguna untuk menghapus extension tersebut.

Meskipun begitu, Google mengatakan Chrome akan secara otomatis menghapus peringatan keamanan setelah Developer menyelesaikan masalah.Selain itu, Developer juga akan memiliki masa tenggang untuk memperbaiki masalah atau mengajukan banding sebelum Chrome mulai memperingatkan pelanggan tentang potensi masalah keamanan tersebut.

Nah jika kamu adalah developer extension, kamu bisa mengunjungi halaman berikut untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pusat keamanan ekstensi baru untuk Google Chrome.

Secara umum, peningkatan ini bertujuan agar memastikan bahwa pengguna menggunakan ekstensi terpercaya yang tersedia di Chrome Web Store, mengingat saat ini ada cukup banyak ekstensi yang berisi malware berbahaya yang bertujuan untuk mencuri data pengguna.

Via : Google

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation