Home Editorial Google vs Microsoft vs Apple: Siapa yang Paling Murah Hati..??

Google vs Microsoft vs Apple: Siapa yang Paling Murah Hati..??

Google vs Microsoft vs Apple: Siapa yang Paling Murah Hati..??

Terlepas dari rivalitas mereka, harus diakui bahwa dunia teknologi akan berbeda tanpa kehadiran Google, Microsoft, dan Apple. Produk dan teknologi buatan mereka sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari — bahkan banyak diantara kita yang sangat dimudahkan oleh produk dan layanan mereka.

Namun kali ini kita tidak membahas siapa yang paling hebat, produk siapa yang paling canggih, dan mana yang paling keren menurut kamu. Tetapi untuk kali ini kita akan melakukan polling tentang siapa yang paling murah hati diantara ketiganya.

Betul sekali. Sebagai perusahaan teknologi raksasa, ada banyak produk dan layanan mereka yang bisa kita nikmati secara gratis — meskipun ada iklan di versi gratisnya, atau fiturnya dibatasi, tapi tetap saja yang mereka tawarkan punya manfaat dan kegunaan untuk kita. Oke, mari kita breakdown satu per satu:

 

Microsoft

Microsoft bermurah hati dengan sempat memberikan upgrade dari Windows 7 / 8.1 ke Windows 10 secara gratis — dan sekarang bagi pengguna Windows 10, seluruh update mayor dengan berbagai macam perubahan dan fitur baru juga bisa kamu nikmati secara gratis. (Baca: Cara Upgrade ke Windows 10 Creators Update)

Office Online, email Outlook, aplikasi MSN News, Arrow Launcher, OneNote, OneDrive, serta berbagai produk Microsoft juga bisa kamu gunakan gratis. Bahkan jika kamu pelajar / mahasiswa, kamu bisa mendapatkan Office 365 secara gratis juga! (Baca: Cara Mendapatkan Office 365 Education Gratis)

Ada juga program BizSpark bagi startup dan DreamSpark bagi mahasiswa yang didalamnya berisi semua lisensi produk Microsoft, termasuk Windows, Office, hingga credit server di Microsoft Azure.

Di era Satya Nadella, Microsoft jadi makin murah hati lagi dibandingkan sebelum-sebelumnya. Berbagai produk mereka dijadikan Open Source dan beberapa bahkan diporting ke platform lainnya. Misalkan saja:

Sedikit banyak, tentu produk dan layanan Microsoft yang digratiskan tersebut pernah kamu gunakan.

 

Google

Apa jadinya jika untuk bisa Googling, kita harus membayar biaya bulanan? Mungkin mencari informasi tidak pernah jadi semudah sekarang. Tetapi terlepas dari adanya iklan yang ditampilkan, berbagai layanan Google sangat bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari.

  • Google Search
  • YouTube
  • Gmail
  • Android
  • Google Docs
  • Google Drive
  • dsb

Bahkan bisa dibilang bahwa Google punya andil besar untuk berbagai informasi yang bisa kita nikmati gratis saat ini. Ekosistem yang dikembangkan Google memungkinkan kita untuk:

  • Melihat berbagai video secara gratis di YouTube (serta mengupload video secara gratis bagi konten kreator)
  • Berkomunikasi melalui Gmail, yang merupakan layanan email terpopuler saat ini.
  • Pencari menemukan informasi dengan mudah melalui Google Search, dan penyedia informasi mendapatkan penghasilan untuk terus berkarya menyediakan informasi dari menampilkan iklan Adsense.
  • dsb

Dari sudut pandang bisnis, memang layanan tersebut memberikan penghasilan yang sangat besar bagi Google. Tetapi dari sudut pandang pengguna, adanya opsi penggunaan gratis (meskipun ditampilkan iklan) merupakan salah satu bentuk dari murah hati.

 

Apple

Beberapa orang mungkin berpikir keras jika ada yang bilang bahwa Apple murah hati. Yup, memang brand kelas atas ini sangat jarang memberikan produk dan layanannya secara cuma-cuma untuk publik. Tetapi jarang bukan berarti tidak ada.

Bahasa pemrograman Swift, kini telah Apple jadikan sebagai Open Source. Dan bagi kamu pengguna iDevice ataupun Mac, pasti sudah tidak asing lagi dengan upgrade OS gratis yang rutin kamu terima setiap kali rilis. Dulu upgrade OS X memang sempat berbayar (misalnya Snow Leopard dengan bandrol harga $29), tetapi sejak dirilisnya OS X Maverick hingga sekarang, setiap pemilik Mac bisa upgrade OS tanpa dipungut biaya apapun.

 

Siapa yang Paling Murah Hati?

Nah kini tiba saatnya kita melakukan polling. Diantara tiga raksasa teknologi yaitu Google, Microsoft, dan Apple — siapa yang menurut kamu paling murah hati?

Isikan jawaban kamu di form polling berikut ini:

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.