Tidak terasa beberapa waktu lagi Microsoft akan secara resmi merilis Windows 11, dan semoga saja perilisan tersebut tidak akan ditunda. Nah sebelum kamu menggunakan dan menginstall Windows 11, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu dan kamu lakukan pada perangkat yang kamu gunakan.

Pada artikel kali ini, mari kita bahas apa saja Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Install Windows 11.

Cek Spesifikasi dan Requirement Windows 11

Sebelum mendownload file ISO atau mencoba melakukan upgrade, ada baiknya kamu melakukan pengecekan spesifikasi perangkat kamu menggunakan tool bernama PC Health Check yang Microsoft rilis sebelumnya, kamu bisa mendownloadnya pada halaman berikut.

Setelah kamu download, silahkan kamu buka dan jalankan aplikasi tersebut, kemudian klik Check Now.

Jika hasil dari Scanning aplikasi terhadap perangkat kamu menunjukkan hasil seperti pada gambar diatas, maka dapat dipastikan bahwa perangkat kamu sudah siap untuk menggunakan Windows 11.

Cek TPM 2.0 di BIOS

Jika pada langkah diatas kamu mendapati pesan bahwa TPM perangkat kamu tidak mendukung, kamu bisa mencoba langkah berikut untuk mengecek versi TPM berapakah yang perangkat kamu gunakan saat ini.

Baca Juga : Cara Cek Dukungan TPM di Windows 10 dengan Command Prompt

Untuk mengaktifkan TPM 2.0, kamu bisa masuk ke pengaturan BIOS kamu, dan aktifkan TPM disana.

Pastikan Secure Boot Dalam Keadaan Aktif

Pada dasarnya setiap perangkat baru yang menggunakan UEFI sudah memiliki Secure Boot yang dapat kamu aktifkan di halaman BIOS, jadi silahkan kamu cek disana.

Pastikan CD Instalasi Windows 11 Asli dari Microsoft

Ada baiknya kamu menggunakan CD Instalasi Windows 11 yang resmi dari Microsoft, kamu bisa mendownload file ISO, atau mendownload Windows 11 langsung dari Windows Update.

Backup Data

Poin kedua dan ketiga sebenarnya tidak perlu kamu cek lagi jika poin pertama sudah menampilkan hasil bahwa perangkat kamu telah mendukung Windows 11.

Nah yang paling penting setelah itu, tentu kamu harus dan wajib banget melakukan Backup data, terlebih data yang ada di Local Disk C, mencakup Document, Pictures, Music, Download dan lainnya, selain itu pastikan juga bahwa kamu telah menyiapkan CD instalasi backup lain seandainya perangkat kamu telah terformat dan ternyata CD Instalasi Windows 11 mengalami Corrupt dan gagal install.

Kamu juga bisa mengikuti langkah yang telah saya tulis pada artikel Cara Backup System Windows 10

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu cek sebelum mendownload dan menggunakan Windows 11, apakah ada hal lain yang ingin kamu tambahkan? komen dibawah guys.

Referensi : Pureinfotech

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.