Tidak terasa, beberapa minggu lagi Windows 11 22H2 atau Windows 11 2022 Update akan dirilis ke public, kabarnya berdasarkan rumor yang beredar, versi ini akan dirilis pada tanggal 20 September 2022, meskipun memang belum ada informasi dan kabar resmi dari Microsoft.

Nah sebelum melakukan instalasi Windows 11 22H2, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa poin berikut agar Windows 11 kamu cepat, stabil dan lancar dari segala error yang mungkin dan bisa saja terjadi ketika instalasi. Berikut adalah diantaranya:

Cek Spesifikasi dan Requirement Windows 11

Meskipun Windows 11 memang bisa diinstall menggunakan metode bypass TPM 2.0 dan secure boot, namun ada baiknya perangkat yang kamu gunakan untuk melakukan instalasi Windows 11 minimal adalah Intel Generasi 4 (haswell) keatas dengan dual core processor atau lebih agar pengalaman penggunan Windows 11 menjadi lebih nyaman.

Selain itu, ada baiknya kamu juga menggunakan RAM setidaknya minimal 4 GB, dengan jenis storage adalah SSD, kenapa harus SSD? saya sudah menjelaskannya pada artikel berikut: Please Upgrade Ke SSD Agar System Berjalan Optimal!

Meskipun begitu, tentu menggunakan perangkat yang direkomendasikan Microsoft adalah hal yang sangat bijak, dimana setidaknya kamu harus menggunakan Processor Intel Gen 8 atau yang lebih baru / AMD yang setara, 8 GB RAM, dan SSD, hal ini karena Windows Subsystem for Android tidak dapat berjalan secara langsung di perangkat yang tidak didukung, meskipun dengan trik, kita masih bisa menggunakan fitur tersebut (akan saya bahas pada artikel terpisah).

Seperti pada gambar diatas, kamu juga bisa melakukan pengecekan spesifikasi perangkat kamu menggunakan tool bernama PC Health Check yang Microsoft rilis sebelumnya, kamu bisa mendownloadnya pada halaman berikut.

Pastikan CD Instalasi Windows 11 Asli dari Microsoft (Khusus InPlace Upgrade / Clean Install)

Meskipun file ISO dari Windows 11 ini nanti mungkin akan tersedia dimana mana, namun ada baiknya kamu mendownload versi original nya langsung dari Microsoft, hal ini untuk menjamin bahwa tidak ada file system yang telah diedit dan membahayakan data kita.

Untuk kamu yang menggunakan Windows 11 Lite atau Mod lain, silahkan hiraukan poin ini.

Backup Data

Nah yang paling penting dari semuanya adalah tentu kamu harus dan wajib banget melakukan Backup data, terlebih data yang ada di Local Disk C, mencakup Document, Pictures, Music, Download dan lainnya, selain itu pastikan juga bahwa kamu telah menyiapkan CD instalasi backup lain seandainya perangkat kamu telah terformat dan ternyata CD Instalasi Windows 11 mengalami Corrupt dan gagal install.

Kamu juga bisa mengikuti langkah yang telah saya tulis pada artikel Cara Backup System Windows 10 yang masih bisa dilakukan di Windows 11.

Gunakan Koneksi Internet Yang Stabil

Nah ketika proses download Windows Update, ada baiknya kamu menggunakan jaringan yang stabil, jika kamu menggunakan mobile hotspot, pastikan jaringan seluler kamu stabil dan tidak putus nyambung untuk menghindari adanya error dan kegagalan update.

Jika kamu menggunakan Wi-Fi, ada baiknya kamu menggunakan kabel LAN untuk mendapatkan kecepatan Internet yang maksimal dari Modem kamu.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu coba dan lakukan sebelum melakukan instalasi Windows 11 22H2, jika kamu sudah yakin bahwa semuanya akan berjalan lancar, melewatkan semua langkah diatas sebenarnya bukan masalah, namun ada baiknya untuk tetap bersiap siap untuk kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Namun umumnya, jika saat ini kamu sudah menjalankan Windows 11 21H2 dengan stabil diperangkat kamu, poin satu tidak perlu kamu khawatirkan, lanjutkan saja ke poin 2, 3 dan 4.

Semoga artikel ini bermanfaat guys, ada tips lain? komen dibawah. Terima kasih.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.