Halo, selamat malam minggu nih, kali ini seperti biasa, saya akan sedikit share tentang dunia perwindowsan terutama dalam hal Windows Update, dan kebetulan banyak juga yang sering bertanya kepada saya via dm di Twitter, “bang, mendingan update Windowsnya apa jangan?” atau “Bang kalo nanti Windows 1903 dirilis mendingan langsung update apa jangan?”, ya intinya seperti itulah, nah kali ini saya akan membahasnya disini.

Haruskah Upgrade Ke Windows 10 1903? ya sebuah pertanyaan yang bakal banyak banget dilontarkan, terutama dalam waktu dekat Windows 10 1903 akan dirilis, ya meski agak telah dengan yang dijanjikan diawal sih.

Spesifikasi Apakah Memadai?

Sebenarnya simple aja sih, bagi kita selaku penggemar Windows 10, tentunya mendapatkan fitur baru adalah hal yang utama, namun sebelumnya, kita harus melihat System Requirements untuk update ini juga, kebetulan Mas Aditiya Rizki sudah buat artikelnya disini : Inilah Spesifikasi Minimum Windows 10 Versi 1903, namun perlu diperhatikan kembali ya, bahwa Windows 10 1903 ini dikabarkan akan memakan sekitar 7 GB Penyimpanan untuk instalasi update (jika diinstal dengan cara Clean Install), artikelnya bisa kamu baca juga disini, Jika kamu memiliki spesifikasi yang terbilang memadai, melakukan update seharusnya bukan menjadi masalah.

BUG! BUG! BUG!

Masalah spesifikasi menurut saya kurang terlalu menjadi poin penting, karena masalah Bug dan kegagalan systemlah yang lebih utama untuk diperhatikan, misalkan saja, apakah driver perangkatmu akan support, atau apakah system Windows 10 akan bermasalah, kita belajar dari pengalaman saja, dimana pada Windows 10 1809, banyak sekali masalah yang ditemukan, mulai dari File yang hilang gara gara Storage Sense, Actions Center muncul di arah yang salah, masalah driver suara, dan lainnya, bahkan saya sendiri terpaksa harus downgrade dari Windows 10 1809 ke 1803 demi masalah kestabilan.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika Update sudah tersedia bagi perangkat kamu?

Untuk sementara rekomendasi dari banyak orang termasuk saya sendiri adalah, jangan dulu upgrade ke Windows 10 1903, apalagi jika perangkat yang kamu gunakan adalah perangkat utama yang emang digunakan setiap hari untuk keperluan kerjaan dan masalah penting lainnya, setidaknya tunggu sampai adanya laporan dan review dari berbagai situs dan media (termasuk Winpoin dan Kepoin Tekno), selain itu tunggu sampai adanya Cumulative Update pertama untuk Windows 10 1903, karena biasanya pasca awal perilisan pasti ada beberapa bug yang ditemukan dan sudah diperbaiki pada Cumulative Update pertama ini.

Namun jika kamu adalah pengguna yang memang tidak mementingkan kestabilan, ingin langsung dapat fitur keren baru, atau ingin melakukan uji coba dengan segala resiko yang siap diterima, melakukan update adalah hal yang baik juga, ya positif thinking aja deh, masa perusahaan sekelas Microsoft bakal melakukan kesalahan yang sama seperti perilisan Windows 18 1809 kemarin, bahkan mereka sampai memundurkan perilisan dari jadwal yang telah ditentukan.

#Tips Buat Kamu Yang Gak Pengen Update Dulu.

Jika kamu gak pengen update dulu, kamu bisa melakukan 3 Cara Menjeda (Pause) Windows Update, atau jangan pernah melakukan check for update secara manual via Settings > Update And Security > Windows Update.

Cumulative Update Maret 2019 Dirilis Untuk Windows 10 1809! Peningkatan dan Perbaikan Ditambahkan.
Update otomatis gak langsung update ke Edisi Windows 10 terbaru! – Pengalaman!

Perlu diingat kembali teman teman, bahwa ada banyak sekali fitur keren baru yang akan dihadirkan pada Windows 10 1903, diantaranya (Light Mode, Windows Sandbox, Cortana dan Search yang terpisah, dan masih banyak lagi).

Jadi ketika update nanti tersedia kamu bakalan langsung update apa nunggu dulu? berikan komentar dan pendapatmu dibawah!, kalo saya sih dua duanya.

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.