Microsoft membuat perubahan pada Windows 10 untuk memastikan pengalaman pembaruan yang mulus dan mantap, dan pembaruan 19H1 mendatang akan mencadangkan setidaknya 7GB ruang untuk file file penting.

Raksasa perangkat lunak Microsoft yang berbasis di Redmond ini mengatakan Ruang tersebut akan digunakan untuk pembaruan, aplikasi, file temporary, dan data cache yang terkait dengan Windows, dan dengan menggunakan penyimpanan cadangan 7GB tersebut, ruang kosong yang tersisa pada perangkat tidak akan terpengaruh.

Windows 10 "19H1" Membutuhkan Setidaknya 7Gb Ruang Penyimpanan Untuk Menginstal Update

Namun disisi lain, memblokir penyimpanan 7GB bisa menjadi masalah pada perangkat dengan penyimpanan yang rendah, karena sebagian Notebook dan Tablet kelas bawah yang menggunakan Windows 10 hanya menyediakan kapasitas Storage 32GB, misalkan saja Zyrex Sky 232.

Tapi tenang saja Microsoft mengatakan penyimpanan yang dicadangkan hanya akan diaktifkan pada perangkat yang datang dengan Windows 10 versi 1903 (19H1) pra-instal dan pada pengguna yang melakukan clean instal sistem operasi ini. Prosesnyapun hanya akan terjadi di background, tanpa input dan tanpa konfigurasi yang diperlukan dari pengguna.

Sudah Diuji di Versi Preview

Ketika Reserved Storage telah penuh, Windows 10 mulai menggunakan ruang kosong yang tersedia, tetapi Microsoft menjelaskan bahwa Reserved  Area akan meningkat seiring waktu tergantung pada bagaimana pengguna menggunakan perangkatnya.

“Storage sense will automatically remove unneeded temporary files, but if for some reason your reserve area fills up Windows will continue to operate as expected while temporarily consuming some disk space outside of the reserve if it is temporarily full” Kata Microsoft.

Pembaruan Windows akan menjadi layanan utama untuk memanfaatkan fitur baru ini, karena diketahui bahwa memperbarui sistem terkadang gagal karena tidak cukupnya ruang pada hardisk.

“When it’s time for an update, the temporary unneeded OS files in the reserved storage will be deleted and update will use the full reserve area” Jelas Microsoft.

Btw guys, Fitur ini sudah terintegrasi ke dalam build pratinjau Windows 10 19H1, dan pengguna dapat mencarinya di Settings > System > Storage.

Bagaimana pendapatmu? berikan komentarnya dibawah ya?

Via : News.Softpedia

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.