Dalam sebuah artikel dari Windows Central mengenai “Windows Unshipped”, ada sebuah fitur dari Widnows 10 yang tidak pernah terungkap dan hanya dikonsep secara internal oleh Microsoft saja, dan salah satunya adalah desain Start Menu dengan 3D Tiles didalamnya.

Image via Windows Central

Seperti pada gambar diatas, ketika pengguna ingin melakukan pin aplikasi di Start Menu Tiles, tampaknya itu akan ditampilkan dengan gaya 3D yang lebih keren dibandingkan yang saat ini kita tahu. Disebut dengan Pin in Place, nantinya Windows akan menampilkan apa saja aplikasi yang bisa kamu pin disana

Nah kenapa hal ini tidak jadi dirilis, alasannya karena kabarnya perangkat keras yang diperlukan dibatalkan, meskipun memang belum jelas perangkat keras apakah yang dibutuhkan tersebut. Namun yang menjadi alasan paling masuk akal adalah karena fitur ini mungkin tidak akan terlalu pengguna suka, karena pengguna mungkin ingin sesuatu yang lebih mudah seperti menambahkan aplikasi secara langsung dengan cara drag n drop atau pin to start seperti saat ini, dibandingkan harus mengklik tanda + hanya untuk mendapatkan 3D Tiles seperti pada gambar diatas.

“Microsoft also had data that suggested users found the actual process of customizing the Start menu cumbersome, having to manually pin and unpin apps one at a time, and having to find those apps by going back and forth between the apps list and tile area. Then there was the process of figuring out which tile sizes and positions your favorite apps would fit in to make your menu actually look nice.” Dilansir dari Windows Central.

Selain dari Pin in place, tersebut, ada Start Place seperti pada gambar dibawah ini, dimana ini dirancang untuk meningkatkan fungsi start menu dengan menambahkan fitur Windows lainnya.

Namun lagi lagi fitur ini hanya menjadi ide dan konsep saja, karnea mungkin fitur ini terasa lebih berbelit dan tidak sesederhana Start Menu yang saat ini kita dapatkan di Windows 10.

Selain itu ada People in Start Menu yang lagi lagi tidak jadi dirilis, karena aplikasi My People tidak terlalu sukses mendapatkan perhatian pengguna.

Nah bagaimana menurutmu mengenai sejumlah konsep Start Menu Windows 10 diatas, apakah ada yang kamu suka?, komen dibawah guys.

Untuk informasi mengenai hal ini, kamu bisa baca selengkapnya di halaman Windows Central berikut.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.