Home Accessories HP Sengaja Membuat Printer Kamu Error Jika Menggunakan Cartridge Non-Original

HP Sengaja Membuat Printer Kamu Error Jika Menggunakan Cartridge Non-Original

HP Sengaja Membuat Printer Kamu Error Jika Menggunakan Catridge Non-Original

Jika printer HP kamu keluaran tahun 2014 atau lebih baru, ada peluang kamu bakal terkena masalah ini.

Berawal dari banyaknya laporan printer HP yang tiba-tiba error dengan bertuliskan warning “one or more cartridges appear to be damaged. Remove them and replace them with new cartridges”, HP akhirnya secara resmi mengakui bahwa itu memang sengaja mereka lakukan bagi pengguna cartridge non-original. Ini dilakukan untuk melindungi inovasi dan property intelektual mereka.

HP Sengaja Membuat Printer Kamu Error Jika Menggunakan Catridge Non-Original

Masalah ini bukan karena update firmware ya gaes, karena terjadi juga di printer yang tidak terhubung ke internet serta tidak pernah diupgrade firmwarenya.

Jadi masalah ini terjadi karena ada program di firmware printer HP tersebut yang memerintahkan untuk memunculkan error mulai pada tanggal tertentu jika cartridge pengguna bukan original buatan HP.

Tetapi bagi saya pribadi rasanya pesan warning tersebut sangat misleading. Harusnya jika memang disebabkan karena cartridge non-original, HP memberikan pesan error bahwa pengguna harus ganti ke cartridge original, bukan malah memunculkan pesan cartridge rusak, sehingga pengguna tidak dibingungkan dengan masalah ini.

Dan lagi pesan yang kurang jelas seperti itu bisa membuat pengguna rugi jika mereka mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan membeli cartridge non-original baru lainnya, yang tentunya juga bakal error dan tidak bisa dipakai di printer HP mereka.

Sebagai informasi ada banyak sekali brand cartridge non-original untuk printer HP, seperti ColorJoy, LxTek, OSIR, Toner Kingdom, GPC Image, dsb. Tentu jika masih ingin bisnisnya lanjut, brand cartridge ini harus berpikir keras bagaimana mengatasi masalah ini.

Bagi pengguna printer HP dengan cartridge non-original, salah satu solusinya saat ini hanyalah melakukan downgrade firmware ke versi 2014 atau yang lebih lama. Meskipun tidak semua pengguna non-teknis bisa melakukannya.

Tetapi jika kamu masih penggunakan catridge original HP dengan tinta isi ulang, kamu tetap bisa menggunakannya tanpa masalah.

Bagaimana tanggapan kamu atas kebijakan HP ini? Bagikan pendapat kamu disini.

via myce

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.