Home Editorial Ini Janji Peningkatan Keamanan Microsoft di Windows 10!

Ini Janji Peningkatan Keamanan Microsoft di Windows 10!

Keamanan Windows 10

Konon zaman dulu ada guyonan populer bahwa PC Windows memiliki empat mode perlindungan: Abort, Retry, Fail, dan Reboot. Di masa sekarang, kotak dialog dengan pilihan tersebut makin jarang muncul di layar monitor kamu ketika menggunakan Windows. Ini menunjukkan meningkatnya keamanan OS dari Microsoft tersebut. Microsoft telah menjanjikan bakal meningkatkan fitur keamanan Windows ke tingkat optimal pada Windows 10 yang akan segera kita nikmati versi resminya di tanggal 29 Juli 2015 ini.

Berikut ini Winpoin membahas janji peningkatan keamanan oleh Microsoft melalui Windows 10!

 

Windows Hello

Keamanan Windows 10

Password kadang menimbulkan dilema. Bila digunakan, kamu harus menambah perbendaharaan password, serta juga menambah waktu yang dihabiskan di depan layar PC. Sedangkan bila tidak digunakan, maka orang lain bisa sembarangan memakai perangkat kamu, atau lebih buruk lagi, memanfaatkan data kamu untuk kepentingan mereka. Microsoft telah menemukan pemecahan cara untuk memberikan keamanan lebih optimal serta lebih mudah dalam penggunaan. Windows Hello adalah alternatif password, yang mana kamu tinggal menggunakan informasi biometric kamu, baik dengan sidik jari, retina, ataupun pengenalan wajah guna login ke dalam perangkat kamu. Mungkin memang saat ini meskipun telah menginstal Windows 10, PC kamu tidak akan support fitur ini, namun jangan kuatir karena beberapa perangkat PC dari berbagai manufaktur telah dinyatakan dapat memanfaatkan fitur Windows Hello ini.

Bila kamu agak telat mendapatkan informasi tentang Windows Hello, berikut video demonya:

 

Microsoft Edge

Keamanan Windows 10

Microsoft Edge, browser terbaru buatan Microsoft yang menggantikan Internet Explorer, bukan hanya menjanjikan aneka fitur yang menjadikannya cepat dan fungsional. Microsoft Edge telah dirancang menjadi browser paling aman, karena menggunakan teknologi sandboxing untuk mengamankan data pribadi dan OS kamu selama kamu online!

 

SmartScreen

Keamanan Windows 10

SmartScreen ini adalah mitra Microsoft Edge, yang mana membantu kamu mengamankan dari situs phising yang berupaya mencuri informasi identitas dan pribadi kamu. Caranya, Microsoft SmartScreen akan menjaring informasi dan menampilkan pemeriksaan reputasi tiap situs yang kamu kunjungi dan langsung memblokir yang mencurigakan. SmartScreen juga akan melindungi kamu dari perangkat lunak berbahaya dengan memanfaatkan informasi berbasis cloud yang secara terus menerus memperbarui datanya! Tentu saja ini akan meningkatkan keamanan kamu selama online!

 

Windows Defender

Keamanan Windows 10

Windows Defender adalah ‘keluarga lama’ dari Windows, namun tidak populer dan orang cenderung kurang mempercayainya, serta menggunakan jenis antivirus lain. Di Windows 10, performa Windows Defender telah ditingkatkan sehingga kamu akan tetap aman dari malware serta aplikasi berbahaya yang seringkali disisipkan situs tertentu untuk diinstal secara otomatis ke perangkat PC atau laptop kamu. Windows Defender akan secara konstan memeriksa ancaman yang muncul serta melindungi perangkat kamu dari malware yang terindikasi masuk. Sistem database-nya yang menggunakan cloud, memungkinkan semua perangkat kamu mendapatkan perlindungan yang setara serta paling terbaru untuk menanggulangi ancaman keamanan terkini.

 

Fitur Keluarga

Keamanan Windows 10

Windows 10 memungkinkan kamu menambahkan profil anak ke perangkat sehingga menjadikan anak lebih aman ketika menggunakan perangkat tersebut. Selain bisa menyaring situs yang dapat diakses secara online, fitur ini juga memungkinkan kamu memblokir akses ke file dan aplikasi yang tidak semestinya digunakan anak… Atau mungkin bisa juga keponakan kamu jika saat ini kamu masih berstatus jomblo yang memimpikan punya anak dari gadis secantik Sashihara Rino.

Selain itu, dengan menggunakan fitur keluarga, kamu juga bisa mengamankan perangkat kamu dari pembelian aplikasi yang tidak diinginkan. Punya pacar yang hobi melakukan pembelian in-app dari Candy Crush Saga? Kamu bisa mengamankan uang kamu tanpa perlu memutus pacarmu tersebut dengan menggunakan fitur Keluarga ini!

“Yang, aku kok gak bisa beli move lagi di Candy Crush.”

“Wah, nggak tau ya cinta, mungkin hp-nya rusak. Sini kamu beli hatiku aja deh…”

*Dialog imajiner*

 

Demikianlah peningkatan keamanan yang dijanjikan Microsoft untuk kamu yang upgrade ke Windows 10. Perlindungan keamanan apa yang kamu inginkan di Windows 10? Sumbangkan pendapatmu di kolom komentar!

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Achmad Ade Nugroho

    First Comment :v, Good job Microsoft :)

  • Ivanisevic Hanuraiga

    dari pas update ke windows 8.1 ampe sekarang win10 udah percaya sama defender..hehe ga pasang antivirus lain..

    • Muhamad Farhan Abi Karami

      Sama gannnn,paling Ane make smadav buat nambah list aplikasi,tapi gak dipake kwkw

  • BUDI

    Hai kiki

    • Wah, ada Budi…

      • Labib Muhammad

        Anjayyyy

  • Nurcahya

    baru nonton charli and the cocholate factory dan ngebaca fitur keluarga kok malah aneh jadinya :v

    • wkwk.. :v ane juga :v

      • Nurcahya

        ane ngerasa aneh tadi ngedener kata keluarga gara gara charli and the chocholate factory :v

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    “jika saat ini kamu masih berstatus jomblo yang memimpikan punya anak dari gadis secantik Sashihara Rino.” Mending Sashihara Rino diganti saja.. dengan Acchan.. baru mantep..

  • Gua make Windows Defender virus di web ke deteksi tapi yang dari flashdrive lolos. Akhirnya tetep make avast. Dulu gue selalu pake avg tapi sekarang ganti avast menurut gue ampuh.

    Btw kok tampilan WD kok gak flat kayak modern apps ya? kalo WD nanti bisa ngalahin avast gua pindah.

  • Labib Muhammad

    “Yang, aku kok gak bisa beli move lagi ya di Candy Crush Saga?”
    “Wah, nggak tau ya cinta,mungkin hp-nya rusak. Sini kamu beli hatiku aja deh…”
    “Lho, aku kira hatimu gratis untukku? Ternyata kamu matre, kita putus! “

  • Nurcahya

    padahal baru tadi filmnya :3

  • dari pertama lihat Windows Defender di win 8 udah percaya dan nggak nginstall antivirus yang aneh-aneh :D. Selama kita berhati-hati dalam melakukan surfing, download, atau memindah file dari PC teman, kita tidak akan mendapatkan masalah keamanan yang besar, kecuali itu adalah bugs yang ada di semua windows(seperti bugs typefont kemarin). karena windows berubah dari software menjadi service, semoga update security windows lebih cepat dan merata kesemua software, tidak hanya windows defender saja, tapi windows hello , smart screen, dan software keamanan yang lain tetap dengan intensitas tinggi terus diupdate :D

  • Muhammad Raihan

    Kenapa dahh kagak bisa diupgrade Windows 7 Home Basic

  • Shin

    OOT sori, “masih berstatus jomblo yang memimpikan punya anak dari gadis secantik Sashihara Rino.”? gak nyinggung diri sendiri itu, min ? :v *ehmaaf

  • Evlan Mars

    Microsoft Hello,sepertinya kita akan bertemu dalam jangka waktu yang lama!

  • Bhaka II

    semoga sewaktu chatting di bekali dengan fitur anti maho juga :D, kali aja nanti nya ada notif “someone chat with you is maho detected” atau kalimat sejenis dngan itu hahahha

  • Fabian Cahaya

    Gan saya mau beli laptop untuk keperluan gaming kalo GPU-nya intel bagus gak untuk gaming? THX

  • Lumia Store *Redi*