Inilah NeoKylin: Sistem Operasi Buatan China untuk Menggantikan Windows

Sudah bukan rahasia lagi kalau negeri China memiliki versinya sendiri untuk berbagai teknologi. Mereka punya Baidu untuk menggantikan Google, Youku untuk menggantikan Youtube, Sina Weibo untuk menggantikan Twitter, bahkan Dangdang untuk menggantikan Amazon.

Rasanya mereka mengcopy apapun dan membuat versi bagi warga mereka sendiri. Dan kini Windows juga tidak lepas dari hal itu.

Pemerintah China setahun lalu sempat tegang dengan Microsoft. Kala itu Microsoft memutuskan untuk menghentikan support Windows XP secara global dan meminta pengguna XP untuk melakukan upgrade ke versi Windows terbaru yang masih disupport Microsoft.

Pemerintah China marah karena melihat biaya untuk melakukan upgrade Windows tidaklah mudah. Kala itu pemerintah China langsung berujar akan membuat sistem operasi sendiri untuk menggantikan Windows di China. (Baca juga: Ogah Menggunakan Windows, Cina Akan Merilis Desktop OS Sendiri)

Dan sepertinya NeoKylin inilah yang bakal dijadikan sistem operasi pengganti Windows tersebut.

 

NeoKylin = Pengganti Windows di China?

NeoKylin merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh China Standard Software. Dari tampilan dan terminologinya, tidak diragukan lagi bahwa NeoKylin mengcopy Windows XP habis-habisan.

Desain Start Menu, taksbar, folder, tombol close, minimize, maximize, bahkan juga istilah My Computer, Recycle Bin, My Documents, Control Panel, dsb.

Bisa dibilang secara tampilan dan experience, ini adalah kloningan dari Windows XP.

Didalam NeoKylin juga sudah dilengkapi dengan NeoShine Office yang juga sangat mirip dengan Microsoft Office.

Sebenarnya NeoShine ini merupakan aplikasi yang berbasis OpenOffice, hanya saja secara tampilan diubah dan dimiripkan agar sama seperti Microsoft Office.

Didalamnya bahkan juga disertakan beberapa game, termasuk minesweeper versi open source untuk membuat experience NeoKylin ini semakin mirip dengan Windows XP.

Inilah NeoKylin: Sistem Operasi Buatan China untuk Menggantikan Windows

Untuk mempopulerkan NeoKylin ke pengguna PC di China, OS ini mulai dibundling sebagai sistem operasi built-in di berbagai PC komersial. Dell misalnya, 40% device yang mereka jual di China telah built-in dengan NeoKylin OS ini.

Inilah NeoKylin: Sistem Operasi Buatan China untuk Menggantikan Windows

Tidak menutup kemungkinan bahwa manufaktur lain bakal diwajibkan juga melakukan hal yang sama.

Berikut ini adalah beberapa galeri NeoKylin yang bagi kamu mantan pengguna XP, pasti langsung familiar dengan UI nya.

 

Bagaimana menurut kamu NeoKylin ini, mampukah clone Windows XP ini menggantikan Windows yang saat ini sudah berada di versi Windows 10?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.