Update Cyan untuk Lumia 520 Sudah Dirilis di Indonesia

Beberapa waktu lalu kita mengabarkan bahwa Windows 10 Smartphone Preview untuk Lumia 520, 525, dan 526 ditarik oleh Microsoft gara-gara menyebabkan device pengguna nge-brick ketika melakukan roll-back ke WP 8.1. Beruntung Microsoft telah menemukan penyebabnya dan merilis Windows Phone Recovery Tool versi terbaru.

 

Kenapa Bisa Nge-brick?

Saat melakukan roll-back dari Windows 10 Smartphone Preview ke Windows Phone 8.1, Windows Phone Recovery Tool (WPRT) mentransfer data berukuran besar dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan data corrupt di beberapa Lumia low-end.

 

Solusi Mengatasinya?

Microsoft telah merilis versi baru dari Windows Phone Recovery Tool, yaitu versi 1.2.4. Di versi ini WPRT telah diupdate sehingga corrupt data di Lumia low-end bisa dihindari.

Untuk itu bagi kamu yang masih bertahan di Windows 10 Smarphone Preview karena takut terjadi brick ketika melakukan roll-back, kini kamu bisa melakukan roll back ke Windows Phone 8.1 dengan aman tanpa.

 

Bagaimana dengan Lumia Sudah Nge-Brick?

Bagi kamu yang device nya sudah nge-brick juga bisa mencoba otak-atik dengan Windows Phone Recovery Tool versi terbaru ini. Namun dengan kondisi Lumia yang sudah tidak bisa menyala, tentunya kemungkinan berhasil cukup kecil karena device tidak terdeteksi lagi di WPRT.

Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Jika device kamu memunculkan logo Nokia berwarna merah, maka pastikan terhubung ke sumber power yang baik (USB Port dengan power yang stabil)
  • Close WPRT lalu buka lagi dan update ke versi terbaru (WPRT 1.2.4)
  • Setelah WPRT versi baru terinstall, coba sekali lagi melakukan roll-back
  • Jika device tidak dikenali, klik “My Phone was not detected” dan coba lanjutkan proses recovery lagi.

Jika sudah mencoba melakukan recovery dengan WPRT terbaru ini namun masih juga belum berhasil, maka ke service center adalah solusi terakhir yang bisa kamu lakukan.

 

Apakah Lumia 520 Kamu Aman?

Bagi kamu pengguna Lumia 520 yang sudah melakukan roll-back dari Windows 10 Smartphone, apakah Lumia kamu baik-baik saja?

Bagikan pengalaman kamu dengan pengguna Lumia 520 lainnya disini.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.