Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Beberapa user komputer berpendapat kalau komputer mereka tidak memerlukan Antivirus. Hal ini mungkin saja untuk user yang jeli dan teliti bisa melewati jebakan-jebakan scammer. Tapi bagaimana dengan user yang tidak mengerti atau mereka yang pemula? Pasti mereka akan terkena jebakan-jebakan itu, dengan secara tidak sengaja mendownload file yang tidak diinginkan (bisa dibilang virus) dan menginstallnya ke dalam sistem.

Jika malware telah menginfeksi sistem maka kadang-kadang Windows tidak akan bisa melakukan update, bahkan system restore juga tidak bisa menyelesaikan masalah ini. Ini dikarenakan malware dirancang untuk bersembunyi dan tidak bisa ditemukan. Mereka juga tidak ingin dihilangkan dan bersarang di komputer kamu. Berikut ini WinPoin akan memberikan beberapa tanda jika komputer kamu terkena malware.

Tanda-tanda dari malware tergantung dari jenis malware tersebut, karena itu sangat sulit untuk mengidentifikasi malware hanya dengan tanda-tanda saja.

Tapi berikut ini tanda-tanda yang biasanya terjadi saat komputer kamu terkena malware:

 

Komputer Jadi Lemot

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Jika komputer kamu berjalan lebih lemot dari biasanya, atau berjalan dengan banyak process secara background, kemungkinan ini karena malware. Apalagi jika kamu belum pernah menginstall aplikasi apa pun dan tiba-tiba komputer kamu menjadi lemot, ini perlu kamu waspadai.

 

Banyak Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Seperti yang sudah dikatakan di atas, malware tidak ingin dihilangkan dari komputer kamu, mereka akan melindungi diri dengan cara mematikan aplikasi yang bisa mengetahui keberadaan malware dan menghapusnya. Sebagai contoh seperti Windows Update, Task Manager, Antivirus, Regedit, System Restore, atau Msconfig yang tidak bisa bekerja atau terbuka. Dapat dipastikan Windows Update bisa melakukan update secara teratur tanpa gangguan dari pihak luar.

 

Ada Toolbar Aneh di Browser

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Semua aplikasi yang kamu install kemungkinan juga menginstall toolbar di browser kamu dan biasanya bisa kamu hapus. Tapi jika kamu tidak bisa menghapus toolbar atau kamu berhasil menghapusnya dan muncul kembali, mungkin ada malware yang bersarang di komputer kamu.

 

Home Page dan Search Browser Tiba-Tiba Berubah

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Home Page dan Search browser tiba-tiba berubah. Tanda ini mirip dengan kasus toolbar. Jika hal ini terjadi pada kamu dan kamu mencoba mengembalikannya ke pengaturan default tapi tak bisa, kamu harus berhati-hati. Jangan sembarangan login ke akun penting kamu, seperti akun bank, email, sosial media atau situs lainnya.

 

Jadi apa yang harus kamu lakukan ketika menemukan tanda-tanda di atas? Karena antivirus kamu tidak berhasil menemukan dan membunuh malware tersebut, kamu harus mencoba antivirus lain yang tidak terinstall pada komputer kamu. Kamu bisa mencoba antivirus yang tidak membutuhkan installasi seperti ESET Online Scanner, Trend Micro HouseCall atau Bitdefender Quick Scan.

Selain itu coba juga melakukan scan dengan Safe Mode with Networking. Dengan begini kamu bisa menjalankan Windows dengan sistem minimal tapi masih bisa menggunakan koneksi internet untuk melakukan scan virus.

Apakah WinPoin masih kurang memberikan informasi tentang tanda-tanda komputer kamu terkena malware? Kamu bisa menambahkannya di kolom komentar, dengan segera WinPoin akan menambahkannya ke dalam artikel ini.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.