Home News Intel Tidak Lagi Menggunakan Skema ‘Tick-Tock’ dalam Pengembangan Prosesor

Intel Tidak Lagi Menggunakan Skema ‘Tick-Tock’ dalam Pengembangan Prosesor

#WinExplain: Inilah Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Intel Core MTick-Tock merupakan nama strategi yang digunakan Intel sebagai perilisan produk tahunan. Maksudnya, Intel mengembangkan prosesornya berdasarkan pola, ‘tick‘ berarti Intel akan merilis prosesor dengan mikroarsitektur yang memiliki teknologi (simpul proses) yang lebih kecil untuk performa yang lebih baik dan lebih efisien, sedangkan ‘tock‘ berarti memperkenalkan struktur mikroarsitektur yang baru yang membawa penambahan fitur, misal kemampuan transcoding dan enkripsi video yang lebih baik.

Contoh dari pola tick adalah perubahan dari Haswell yang dibuat dengan teknologi 22 nm (nanometer) ke Broadwell yang dibuat dengan teknologi 14 nm. Sedangkan contoh dari pola tock adalah dari Broadwell ke Skylake, dimana membawa peningkatan pada pemrosesan grafis dan video, namun masih menggunakan tenologi 14 nm.

skylake

Namun, pada tahun ini Intel telah keluar dari jalur skema tersebut. Intel mengumumkan bahwa pada tahun 2016, dimana seharusnya mereka memasuki pola ‘tick’ yang merilis produk dengan teknologi 10nm, mereka justru memilih menambahkan tahap baru yaitu Optimization. Sehingga calon prosesor baru untuk tahun ini (Kaby Lake), akan tetap menggunakan teknologi 14 nm.

Intel technologyMaksud dari proses ini adalah untuk kamu yang suka membangun desktop PC sendiri, kamu bisa menggunakan motherboardmu lebih lama. Dengan penambahan tahap baru Optimization, kamu tidak perlu mengganti motherboard untuk merasakan kemampuan CPU yang lebih baru. Yah, setidaknya bisa pakai satu motherboard sampai 3 tahun lebih lah. Selain itu, dalam tahap Optimization, Intel akan fokus membuat prosesornya lebih hemat batrai. Dimana akan sangat bermanfaat bagi perangkat mobile.

Kesimpulannya, setelah beberapa tahun ini Intel mengalahkan dan meninggalkan jauh rivalnya (ehm.. AMD) dalam sektor penjualan, performa dan efisiensi, Intel tidak ingin lagi terburu-buru membuat prosesor dengan teknologi lebih kecil (10 nm, 7 nm, dan 5 nm). Mereka lebih fokus mengoptimalkan performa dan efisiensi dari teknologi yang telah ada.

Nah, kira-kira, apa nama dari pola baru Intel ini ya? Tic-Tac-Toe? :p

 

Source: Neowin

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.