Home PC Tutorial: Cara Mendapatkan Berita Pilihan Melalui Cortana

Tutorial: Cara Mendapatkan Berita Pilihan Melalui Cortana

Cortana Hadir Untuk Negara Perancis, Jerman dan SpanyolHayo ngaku, siapa disini yang pakai Cortana cuma diawal-awal rilisnya saja? Hehehe saya akui saya juga kok :p

Akan tetapi, akhir-akhir ini saya justru sangat mengandalkan Cortana untuk mendapatkan sumber berita. Kelebihan dari berita di Cortana adalah sumber beritanya yang akurat, aktual, dan simpel! Tinggal klik tiga jari di touchpad, dapat deh beritanya.

 

Pertanyaannya adalah:

Bisakah kita memilih topik berita sesuai yang kita inginkan?

Nah, jawabannya adalah BISA! Ya, ada cara untuk mendapatkan berita yang berfokus pada topik-topik tertentu sesuai keinginan kita. Bagaimanakah caranya? Here we go..

Sebelumnya, pastikan kamu menggunakan setting region yang sudah disupport Cortana. Disini saya menggunakan region U.S. Jangan lupa juga tersambung dengan internet ya. Tutorial untuk mengaktifkan Cortana bisa kamu lihat disini.

Pertama buka Cortana, klik Notebook, lalu pilih newsCortana News (5)

 

Dari news, akan ada pilihan berita yang ditampilkan dan tidak akan ditampilkan, disini berita yang saya matikan adalah Headline News, Recomended stories, dan Popular now

Alasan saya mematikan pilihan tersebut adalah berita yang ditampilkan Cortana akan tercampur dengan berita yang lain dan tidak relevan dengan berita yang kita inginkan.

Selanjutnya, scroll ke bawah, kemudian pilih ‘Add a topic‘, kemudian ketikkan kata kunci sesuai berita yang ingin kamu dapatkan.

 

Setelah memilih topik, pastikan ‘News topic cards’ dalam posisi On dan centang ‘Notify me about new stories’ kemudian klik Add.

Cortana News (8)Hal ini bertujuan agar berita yang kamu inginkan akan ditampilkan oleh Cortana dan mendapatkan pemberitahuan setiap ada berita terbaru

Setelah berita yang kamu inginkan mucul di bagian topik, klik save, lantas akan ada pemberitahuan bahwa setting telah diperbarui.

 

Buka kembali Cortana dan tadaa! Berita yang kamu inginkan muncul disana.

Cortana News

Setiap ada berita yang baru, akan ada notifikasi yang munculCortana NewsBerita-berita yang terkumpul akan ditampilkan Headline-nya secara kronologis di Action Center. Sehingga kamu bisa melihat berita apa saja yang baru kamu dapatkan pada hari itu, urut dari pagi sampai malam.

Cortana News

Cukup mudah bukan? Sebagai author dari WinPoin dan MacPoin, saya sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Saya bisa mendapatkan berita terbaru tepat ketika laptop saya nyalakan dan tersambung internet. Sayangnya, cara ini belum bisa diterapkan secara maksimal di Windows Mobile. Saya sering menemukan beritanya masih tercampur dengan berita politik, selebritis, dan lain-lain, padahal settingnya sudah sama.

Oh ya, selain berita teknologi, dalam Cortana saya juga mendapatkan update skor sepakbola terbaru (forza Milan!) serta berita cuaca di daerah terpilih. Untuk tutorialnya menyusul yak. Lebih simpel kok. :3

Nah, manfaatkan fitur Cortana yang sebenarnya amat sangat membantu kita dalam berbagai hal. Jangan dibiarkan sia-sia. ;)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.