Sebuah tool dari Github project baru baru ini menarik perhatian saya, karena bukan hanya tool biasa, tool ini bisa membawa pengalaman Taskbar Windows 10 ke Windows 11 loh.

Nah seperti yang kita tahu, Taskbar di Windows 11 berada di tengah, dan bukan hanya itu, tidak ada opsi context menu yang biasa kita temukan di generasi Windows lama, misalkan saja membuka Task Manager melalui Taskbar.

Dengan tool bernama “Explorer Patcher” yang dapat kamu download melalui halaman GitHub berikut. Kamu dimungkinkan untuk mengubah behavior dan tampilan Taskbar Windows 11 menjadi selayaknya Windows 10, misalkan posisi Start Menu ada di samping kiri, bisa mengubah posisi Taskbar, menghadirkan Context Menu lama, dan lain sebagainya.

Nah kurang lebih tampilannya akan seperti pada gambar diatas, dari segi tampilan memang akan tetap membawa nuansa Windows 11, namun behaviornya akan membawa sebagian besar gaya Windows 10 seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Lalu bagaimana cara untuk menerapkan Explorer Patcher ini? dan berikut adalah diantaranya :

Langkah 1. Pastikan kamu sudah menggunakan Windows 11 Build 22000.258.

Langkah 2. Silahkan kamu download file bernama dxgi.dll pada halaman GitHub berikut.

Langkah 3. Silahkan kamu copy file yang kamu download barusan dan simpan di C:\Windows.

Langkah 4. Setelah file di copy, silahkan kamu restart explorer.exe, kamu bisa membuka CMD as Administrator kemudian masukkan perintah berikut :

taskkill /f /im explorer.exe

Jika sudah selesai, beberapa file akan didownload secara otomatis dari Microsoft (katanya sekitar 50 Mb), dan setelah itu File Explorer akan berjalan kembali dengan nuansa Windows 10 seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Nah silahkan dicoba guys, khusus untuk kamu saja yang memang ingin mencoba. Tentu resiko kerusakan system kamu tanggung sendiri ya hehehe.

Referensi : Neowin, GitHub

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.