Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu Microsoft sudah mulai merilis beberapa pembaruan driver melalui halaman Optional Updates di halaman Settings > Update & Security > Windows Update, meski Microsoft mengatakan pengguna dapat dengan cepat dan mudah men-download dan melakukan instalasi driver hanya dalam satu kali klik, ternyata driver update yang ditawarkan terkadang berisi pembaruan yang tidak diperlukan dan bisa berdampak buruk pada stabilitas system.

Terkait dengan hal ini, dengan kata lain pengguna harus benar benar berhati hati dalam memilih dan melakukan instalasi driver melalui optional update, karena terkadang driver yang ditawarkan bisa saja merupakan downgrade versi dari driver yang telah terinstal di perangkat pengguna.

Sebagai contoh, dilansir dari halaman Windows Latest, bisa dilihat pada gambar diatas pembaruan untuk “INTEL – System 10.1.16.7”, menunjukan tanggal Rilis 18 Juli 1968, dan jelas itu merupakan downgrade jika kamu sudah menggunakan versi driver terbaru-nya.

Selain itu demikian juga dengan pembaruan untuk Driver Wi-Fi, Printer dan Bluetooth, pengguna harus benar benar melihat dan mengidentifikasi versi driver sebelum melakukan update dari apa yang disediakan Windows.

Driver Update di Optional Updates Adalah Fitur Yang Menarik!

Jika pengguna memperhatikan dan benar benar memilih driver apa yang akan mereka update dan install, sebenarnya tersedianya Driver Update di Optional Updates adalah sebuah hal yang cukup bermanfaat, karena memang dengan itu kita bisa dengan mudah mendapatkan pembaruan dengan cepat tanpa harus masuk ke halaman penyedia Driver atau Website resmi perangkat yang kita gunakan.

Haruskah Mendownload dan Menginstal Update Driver Via Optional Updates?

Sekali lagi melakukan update driver via Optional Update bukanlah masalah jika pengguna benar benar memperhatikan versi driver yang tersedia, selain itu jika driver yang saat ini pengguna gunakan mengalami masalah, melakukan update yang disediakan juga merupakan sebuah langkah yang patut dicoba.

Namun jika mengalami masalah setelah melakukan update, pengguna direkomendasikan untuk melakukan rollback driver via Device Manager atau mendownload dan menginstall ulang driver dari Website Resmi driver perangkat yang pengguna gunakan.

Pengalaman Saya….

Pada perangkat yang saya gunakan saat ini, yaitu Asus K401UQK, ada sebuah update Driver untuk Asus Touchpad, dan setelah melihat tanggal rilis dan versi yang disediakan, itu merupakan update dari driver yang saat ini saya gunakan.

Namun sayangnya, setelah melakukan update justru touchpad tidak berfungsi dengan baik, dimana Multi gesture termasuk (Two finger scrolling, dan Gesture lainnya) malah jadi tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan.

Nah apakah kamu sudah mencoba mendownload Driver dari Optional Update? apakah kamu mengalami masalah? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Windows Latest, Ghacks

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.