Tips HERE Maps

Kamu pasti kecewa membaca berita yang disajikan Winpoin akhir-akhir ini yang memprediksikan bahwa HERE tidak akan berada di Windows Phone lagi, melainkan berfokus ke iOS dan Android saja. Kecurigaan ini terus menguat meski HERE beberapa kali mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka akan kembali dan sementara ini memang HERE apps tidak tersedia di Store akibat bug. Untuk pengguna yang masih memilikinya, memang masih dapat memanfaatkan HERE apps dengan baik, namun untuk mereka yang kehilangannya (mungkin karena uninstall atau sebab lain), maka mereka tidak dapat menemukan HERE apps lagi di Store. Menyikapi alasan resmi dari HERE tersebut, para pengguna ‘membaca’ gelagat buruk dari HERE yang memang ‘sedikit diabaikan’ Microsoft setelah divisi ponsel Nokia menyatu dengan Microsoft.

Kabar tersebut memang menyedihkan karena HERE apps, terutama Map dan Drive merupakan aplikasi yang sangat ikonik bagi Windows Phone. Mereka sudah hadir sejak zaman Windows Phone 7, dan bahkan menjadi salah satu nilai jual Windows Phone! Peta milik HERE yang dapat diunduh dan digunakan offline merupakan alasan mengapa aplikasi ini begitu populer bagi pengguna Windows Phone, hingga membuat platform lain iri.

Kangen pada masa jaya HERE di Windows Phone? Iklan Windows Phone 8 ini membuktikan betapa HERE apps dulu merupakan salah satu yang meningkatkan nilai tawar perangkat Microsoft ini.

Namun sangat disayangkan, HERE nampaknya kini menjauhi platform ini dengan “menghilangkan” dirinya dari Microsoft Store. Beralasan ada bug sehingga menarik apps-nya, para penggemar menduga ada pertikaian internal antara HERE dengan Microsoft yang menjadikan HERE kemudian bersikap “wait and see” untuk strategi Microsoft selanjutnya. Meskipun murni bisnis dan bahkan sudah berganti kepemilikan, ketiadaan HERE ini dilabeli para penggemar Windows Phone sebagai penghianatan. Karena HERE merintis popularitasnya di Windows Phone, namun memilih lebih fokus untuk iOS dan Android.

Nah, jika kamu adalah salah seorang yang menjadi “korban” sehingga tidak dapat menggunakan HERE apps di perangkat Windows Phone kamu, berikut ada tips yang dapat menjadikan kamu menggunakannya kembali – Namun ada sedikit pengorbanan yang perlu kamu bayar untuk mendapatkan aplikasi peta dan navigasi offline legendaris ini.

1. Unduh Nokia Software Updater Retail atau Windows Device Recovery Tool

Tips HERE Maps

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan Nokia Software Updater Retail terpasang di PC atau laptop kamu. Jika belum memilikinya, kamu dapat mengunduhnya di sini. Setelah install, kamu akan mendapatkan tawaran untuk update. Terima saja dan lakukan update karena NSU yang berada pada tautan tersebut sudah cukup lama usianya.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat memanfaatkan Windows Device Recovery Tool (WDRT) untuk mengembalikan HERE Apps. Kamu dapat mengunduhnya di sini.

Nah, nantinya, kamu dapat memperoleh HERE Maps dan Drive+ dengan cara melakukan install ulang OS pada perangkat kamu. Mengingat ini akan menghapus semua data di ponsel kamu, maka terlebih dahulu lakukan backup semua aplikasi dan data yang kamu miliki agar aman.

 

2. Sambungkan perangkat Windows Phone ke PC atau Laptop, lakukan install ulang perangkat

Sebelum melakukan ini, pastikan apakah kamu benar-benar menginginkan HERE maps dan Drive+, sehingga rela melakukan install ulang perangkat hanya untuk itu. Untuk beberapa orang ini sangat menyebalkan.  Tapi bila kamu mau melakukannya, keuntungan lain yang kamu dapatkan adalah OS yang fresh, menimbulkan perasaan bahwa kamu menjalankan perangkat yang benar-benar baru! (Selain mendapatkan HERE Maps dan Drive+ tentu saja).

Jika kamu sudah merasa mantap, maka sambungkan perangkat kamu ke PC atau laptop. Nokia Software Updater akan membaca perangkatmu, lalu menentukan software yang akan kamu peroleh. Setujui dan ikuti prosedur pengunduhan dan install.

Perlu diperhatikan bahwa data yang kamu unduh kurang lebih sebesar 1,6 GB. Koneksi internet yang bagus sangat menunjang dalam hal ini. Selain itu, jangan coba-coba mencabut perangkat sebelum prosedur selesai karena berisiko menimbulkan brick!

 

3. Buka bagian Update, lalu lengkapi proses pengunduhan apps koleksimu

Tips HERE Maps

Setelah prosedur ini, cek Setting > Phone Update untuk melihat apakah ada pembaruan untuk perangkat kamu (pasti ada). Dahulukan prosedur update ini untuk mendapatkan firmware paling baru untuk perangkat kamu.

Setelah prosedur selesai, baru kamu dapat mengunduh semua aplikasi kamu yang tadinya sudah dicadangkan (backup). Ini dapat kamu lihat di bagian Store > Download. Semua aplikasi kamu akan terpasang, termasuk juga HERE Maps dan HERE Drive+

 

Dengan tips ini, kamu dapat kembali memanfaatkan HERE Maps dan HERE Drive+ yang tadinya menghilang di Store. Menggunakan sistem Install ulang OS memang agak melelahkan, namun ini satu-satunya cara karena sepertinya HERE Maps dan HERE Drive+ menempel pada paket OS yang diunduh dengan Nokia Software Updater Retail.

Berdasarkan pengalaman Winpoin waktu mencoba trik ini, nampaknya tidak ada masalah meskipun kamu memperbarui (update) aplikasi HERE Maps dan HERE Drive+ ke yang paling baru. Justru baru saja HERE Maps dan Drive+ meluncurkan update untuk aplikasinya, khusus bagi perangkat yang masih memiliki kedua HERE apps ini. Namun jika kamu merasa was-was, tidak mengapa jika kamu tidak memperbarui aplikasi tersebut, karena tetap berfungsi lancar meskipun tidak diperbarui. Hanya saja kamu tidak dapat lagi sign in ke dalam perangkat tersebut. Ini bisa diakali dengan mengetuk tombol “Skip” atau “Lewati”.

Bagaimanapun juga, HERE Maps dan HERE Drive+ masih merupakan aplikasi navigasi unggulan yang susah digantikan. Microsoft konon sedang berupaya menggodok penggantinya (terbukti dengan hadirnya aplikasi Maps dari Microsoft), namun belum bisa mengalahkan kenyamanan menggunakan HERE.

Tambahan

Diskusi dengan teman-teman di kolom komentar (inilah kenapa Winpoin sangat mencintai kolom komentar) mendapatkan tips tambahan bahwa teman-teman yang kehilangan HERE apps, bisa meminta teman yang masih memilikinya untuk mengirimkan tautan aplikasi tersebut melalui fitur Share. Tentu saja di sini berarti kita harus mempunyai hubungan yang baik dengan sesame penggemar Windows Phone dan saling mendukung satu sama lain! Ini sangat praktis dan menyenangkan.

HERE Maps share

  Resiko Beli Nokia 8 di 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.