Home News Microsoft Bantu FBI Mematikan Dorkbot Botnet yang Menginfeksi Jutaan Komputer (Termasuk di...

Microsoft Bantu FBI Mematikan Dorkbot Botnet yang Menginfeksi Jutaan Komputer (Termasuk di Indonesia)

FBI dan Department of Homeland Security (DHS) dalam kerja samanya dengan Microsoft telah berhasil menghancurkan botnet Dorkbot, sebuah program nakal yang telah menginfeksi lebih dari 100.000 komputer dalam 190 Negara di setiap bulannya.

Dorkbot adalah program Internet Relay Chat berbasis botnet yang dimanfaatkan oleh Hacker sebagai “Crime Kit”. Program itu mereka sebut Ngrbot yang mereka perjual belikan pada banyak situs forum online, lengkap dengan panduan lengkap dalam mengoperasikannya.

Inilah beberapa screenshot dari program Ngrbot tersebut :

Dorkbot-Ngrbot

Selain bekerja sama dengan FBI dan DHS, Microsoft juga bermitra dengan ESET, The Canadian Radio-television and Telecommunications Commission, The Computer Emergency Response Team Polska, Europol, Interpol, dan The Royal Canadian Mounted Police untuk membantu mengambil tindakan terhadap infrastruktur Dorkbot.

Botnet ini pertama kali dilaporkan kemunculannya pada tahun 2011 karena sudah berhasil melakukan serangan DDoS, menyebar berbagai jenis malware, serta mencuri akun pengguna seperti Facebook, Twitter, Gmail, Netflix, PayPal dan LogMeln. Penyebarannya tidak hanya melalui jejaring sosial namun juga melalui USB Drive, Instant Messenger, Email Spam dan Exsploit Kit.

Untuk itu sebagai pencegahan Microsoft menyarankan seluruh pengguna Windows untuk menggunakan Windows Defender yang up to date atau menggunakan tools lain seperti Microsoft Safety Scanner dan Malicious Software Removal Tool (MSRT) yang dapat mendeteksi dan menghapus Dorkbot .

Dilain sisi Microsoft juga melanjutkan upaya kolaboratif untuk membantu komputer yang telah terinfeksi Dorkbot dengan menyediakan satu paket update melalui Microsoft Virus Initiative.

Btw di Indonesia Dorkbo paling banyak tersebar di pulau jawa loh! Jadi pastikan untuk selalu mengupdate Anti Virus serta Anti Malware agar terhindar dari kenangan mantan infeksi DorkBot ini ;)

db3

Via Malware Protection Center

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri
  • yaya

    pulau jawa merah…

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Sultra bersih

  • Whyu Wa

    sama kya eropa rata merahnya

  • pantas saja pulau jawa banyak yang kena dorkbot, soalnya penduduknya terpadat :D