Seperti yang kita tahu, sebelumnya kita diberikan pilihan untuk membuat akun Local atau menghubungkan akun Microsoft kita ketika proses OOBE berlangsung, namun makin hari, Microsoft membuat banyak perubahan mengenai hal tersebut, mulai opsi Local Account dihilangkan di pengguna versi Home, hingga akhirnya Proses Setup Windows 11 Pro Kini Wajib Gunakan Akun Microsoft.

Mengenai hal tersebut, sebenarnya untuk membuat akun local, kita masih bisa menggunakan langkah manual via Computer Management dan Settings, namun ketika proses OOBE, tetap saja ketika koneksi internet terhubung, mau tidak mau kita harus menghubungkan akun Microsoft untuk melanjutkan instalasi Windows.

Nah selain itu, sayangnya ada beberapa kekurangan yang saya rasa dan mungkin kamu juga rasakan ketika Menggunakan Akun Microsoft Ketika Proses Instalasi Windows 10/11, apa sih? berikut kita bahas.

Nama Folder User Dibatasi Lima Karakter Saja

Nah ini nih yang paling saya enggak suka, setiap kali menghubungkan akun Microsoft ketika proses OOBE/ Instalasi, ketika selesai maka folder user yang kita buat akan mengambil lima karakter pertama dari email atau username kita.

Contohnya seperti pada gambar diatas, dimana folder user saya mengambil lima karakter pertama dari akun Microsoft yang saya hubungkan. Memang sih ini bukanlah hal besar, namun jika kita ingin memberikan nama custom yang berbeda, tentu menghubungkan akun Microsoft ketika instalasi Windows berjalan sangat tidak dianjurkan.

Proses Sync

Nah ini sebenarnya adalah sebuah fitur yang dapat dikatakan menjadi pedang bermata dua, karena bisa menguntungkan dan bisa juga merugikan.

Dalam beberapa kasus (tidak semuanya ya, tergantung pengaturan kamu juga) Ketika kamu menghubungkan akun Microsoft, setelah selesai instalasi biasanya seluruh pengaturan, termasuk Ease of Access, Themes, Passwords, Bahasa dan pengaturan Windows lainnya akan langsung disinkronisasikan dengan perangkat yang lain. Jika kamu ingin memulai Windows tanpa ada kustomisasi apapun dan memang ini mendapatkan pengalaman yang bersih tanpa adanya keterkaitan dengan perangkat lain yang terhubung dengan akun Microsoft kamu, tentu menghubungkan akun Microsoft ketika proses OOBE sangat tidak direkomendasikan.

Privacy

Nah yang ketiga adalah Privacy, ketika kamu menghubungkan Windows kamu dengan akun Microsoft, mau tidak mau diagnostik perangkat kamu akan dikirimkan ke Microsoft.

Selain itu berdasarkan informasi yang saya baca dari  Microsoft Privacy Statement, ketika kamu melakukan sign in ke akun Microsoft baik di Web atau di Windows, maka Microsoft akan mencatat data kapan kamu login, versi system operasi kamu, ip address, dan lain sebagainya.

Tentu jika kamu paranoid dengan masalah privacy dan ingin keamanan yang maksimal, gunakanlah Linux, namun jika masih ingin menggunakan Windows, kamu bisa menggunakan Local Account dengan opsi Privacy kamu matikan semua.

Nah itulah Kekurangan Menggunakan Akun Microsoft Ketika Proses Instalasi Windows 10/11 yang saya rasakan, meskipun begitu, sebenarnya menghubungkan akun Microsoft ketika proses instalasi sendiri bukanlah hal buruk karena memang itu direkomendasikan, dengan catatan kamu menerima tiga kekurangan yang saya sebutkan diatas.

Ada hal lain yang mungkin mau kamu tambahkan? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.