Home Phone Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Mobile

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Mobile

Beberapa waktu yang lalu, Winpoin membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Windows 10. Dari situ banyak usulan agar Winpoin juga membahas kelebihan dan kekurangan Windows 10 Mobile. Meskipun OS ini terlihat semakin ditinggalkan penggunanya, namun saya masih menikmati menggunakannya, dan menurut saya Windows 10 Mobile sangat mendukung aktivitas sehari-hari saya sebagai penulis dan penerjemah.

Berikut kelebihan dan kekurangan Windows 10 Mobile sebagai bahan pertimbangan teman-teman yang ingin merasakan atau menggunakannya.

Kelebihan Windows 10 Mobile

1 | Live Tile

Live Tile di Start Screen Windows 10 Mobile jelas merupakan inovasi yang menjadi ‘pembeda’ antara perangkat Windows dengan OS lain. Teman-teman bisa jadi menyukai atau membenci ‘ciri khas’ Windows Phone ini, tapi jelas ini merupakan salah satu diferensiator yang menjadikan Windows Phone berbeda dari kompetitornya.

Live Tile adalah kilasan informasi dalam shortcut berbentuk persegi yang menampilkan informasi tertentu terkait dengan aplikasi tersebut. Besar kecilnya persegi dapat diatur dengan bebas, sehingga pengguna bebas menyesuaikan wallpaper background dengan tile miliknya. Ini menjadikan pengguna dapat mengustomisasi tampilan start screen tanpa kehilangan fungsionalitas dari aplikasi. Pengguna juga bebas ingin meletakkan tile dari app mana saja di layar start screen untuk menjadikan penampilannya fungsional menurut pengguna itu sendiri.

Namun tentu saja untuk yang ‘tidak cocok’ dengan gaya seperti ini, maka kesannya tampilan layar Windows sangat membingungkan. Padahal bagi saya pribadi, ini menjadikan tampilan Windows Phone (termasuk Windows 10 Mobile) menjadi khas, pribadi, dan sangat fungsional.

2 | Kompatibilitas dengan banyak periferal serta perangkat Windows PC/Laptop

Sebagai ‘cabang’ Windows, tentu saja Windows 10 Mobile sangat kompatibel dengan banyak perangkat  berbasis Windows lain, seperti misalnya Windows PC, atau laptop. Perangkat Windows 10 Mobile terdeteksi dengan mudah di perangkat berbasis Windows lain, juga memiliki beberapa keistimewaan seperti fitur Project My Screen yang memudahkan kamu menampilkan perangkat ponsel Windows kamu di layar monitor.

Kamu juga dapat dengan mudah memasangkan periferal seperti mouse dan keyboard ke perangkat Windows 10 Mobile kamu dan mengubahnya seperti sebuah Mini PC. Jika kamu memiliki perangkat Windows 10 Mobile yang super continuum, kamu bahkan serasa menggunakan PC beneran dari segi UX dan pengalaman penggunaannya.

Kalau membandingkan dengan perangkat lain, misalnya iOS, kamu mungkin bisa melekatkan keyboard tambahan, akan tetapi hingga kini perangkat iOS belum support Mouse yang memudahkan pengerjaan seperti di PC, dan juga belum bisa dengan mudah memanajemen file seperti halnya pada perangkat Windows.

 

3 | Kemampuan Kamera Kelas Atas

Terima kasih kepada Nokia, Windows 10 Mobile (dan keluarga Windows Phone lainnya) memiliki salah satu UI kamera paling inovatif, dan itu bertahan hingga sekarang (meski sudah banyak disamai perangkat lain – Utamanya yang berbasis Android)

Apa pun perangkat Windows 10 Mobile yang kamu gunakan, kamu dapat dengan mudah mengatur manual jepretan kamu, sehingga memungkinkan kamu untuk meraih hasil lebih maksimal dalam fotografi ponsel.

 

4 | Continuum

Beberapa perangkat Windows 10 Mobile, seperti Lumia 950/XL, HP Elite X3, dan Alcatel Idol 4S memiliki fitur Continuum yang mengubah Ponsel kamu menjadi PC dengan tambahan dock Continuum, layar monitor, mouse dan keyboard.

Apakah fitur ini tidak berguna? Nyatanya Samsung tergoda untuk merilis fitur serupa melalui Samsung Dex, hanya saja ini berbasis Android dan masih minim dukungan dari developer, sementara menurut saya, pengalaman PC di Windows 10 Mobile cukup baik untuk tugas ringan. Kamu bisa membaca ulasan saya tentang menggunakan Continuum dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan gambaran lengkap.

 

5 | Update Berkala

Salah satu keunggulan dari Windows 10 Mobile adalah adanya update berkala dari Microsoft yang masih rutin hingga sekarang. Update ini mencakup perbaikan performa dan keamanan yang penting untuk sebuah perangkat pintar. Winpoin juga rajin memberitakan pembaruan yang diberikan Microsoft ini, baik melalui jalur normal, maupun Insider.

Berkat update ini, OS Windows 10 Mobile yang pada awal peluncurannya banyak menuai kritikan keras, kini sudah nyaman digunakan dan cukup tepercaya kestabilannya. Meskipun demikian, saya masih belum berani merekomendasikan Windows 10 Mobile kepada teman-teman di lingkungan saya karena beberapa kekurangan yang akan saya bahas berikut ini:

Kekurangan Windows 10 Mobile

1 | App Gap

Sempat menyangkal beberapa tahun yang lalu, akhirnya Microsoft perlu mengakui bahwa kurangnya aplikasi dan dukungan developer memang sangat mempengaruhi minat pengguna terhadap Windows Phone atau Windows 10 Mobile. Bukan saja kurang, namun banyak developer yang kurang memberi perhatian terhadap perangkat Windows 10 Mobile, sehingga pengalaman pengguna aplikasi di Windows 10 Mobile dirasakan kurang jika dibandingkan dengan perangkat Android dan iOS. Lebih parah lagi, Microsoft seakan ‘mengikuti selera pasar’ dengan mendahulukan merilis aplikasinya ke platform lain dibandingkan Windows 10 Mobile.

App gap ini juga menjadikan pengguna Windows 10 Mobile sulit mengikuti tren aplikasi terbaru, seperti misalnya game Clash of Clan atau aplikasi Bigo yang beberapa waktu lalu sempat tren. Ini masalah besar bagi kelompok pengguna ‘anak gaul’ – Tentu saja Windows 10 Mobile akan susah jadi pilihan.

 

2 | Bug dan Kurang Penyesuaian Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun rajin memberikan update, kadang reaksi Micorosoft tidak secepat aplikasi lain, sehingga terkadang terjadi bug pada aplikasi yang lambat update. Beberapa aplikasi pihak ketiga juga masih bertahan di basis Silverlight (kode pemrograman lama Microsoft), bukan UWP yang merupakan standar Windows 10 Mobile. Ini menjadikan performanya kurang optimal dan sering dikeluhkan pengguna (misalnya, banyaknya “resume” pada aplikasi).

 

3 | Lambat Rilis Perangkat Baru

Images via Windows Central

Kenapa ini saya anggap sebagai kekurangan? Karena lambatnya Microsoft merilis perangkat baru menjadikan para pengguna was was. Microsoft punya sejarah buruk untuk memutuskan penghentian layanan setelah agak lama berjalan. Oleh karena itu kelambatan rilis perangkat Windows 10 Mobile menjadikan pengguna banyak berspekulasi bahwa umur perangkat ini tidak akan lama. Jaminan akan kelanjutan layanan Microsoft terkait perangkat Windows 10 Mobile juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dari OS ini.

 

4 | Kelengkapan Servis dan Aksesori Menurun

Seiring dengan menurunnya minat terhadap Windows Phone, maka semakin susah juga mencari komponen dan aksesoris Windows Phone. Bahkan Nokia Care Center yang dulu tersedia hampir semua kota juga menurun jumlahnya. Jika kamu berminat memiliki perangkat Windows 10 Mobile dalam jangka panjang, tentu saja ketersediaan komponen serta garansi juga layak jadi pertimbangan. Dalam hal ini, saya rasa kualitas jaminan yang diberikan semakin menurun dari hari ke hari.

 

Demikian kelebihan dan kekurangan Windows 10 Mobile yang saya rangkum. Kamu ada pendapat tambahan? Tuangkan pemikiran kamu di kolom komentar!

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta