Kenapa Internet 1Mbps Kecepatan Download Maksimal Hanya 125KB/s??

Beberapa orang berharap dengan membeli paket internet 1Mbps akan mendapatkan kecepatan download 1MB/s padahal mereka hanya mendapatkan mungkin 125KB/s. Banyak penyedia layanan internet provider memberikan angka yang tidak benar-benar kamu ketahui. Jadi apa yang sebenarnya terjadi disini? Mari kita pelajari lebih dalam hal ini.

Berikut ini WinPoin akan membahas dan mari kita mendalaminya. Kenapa paket internet 1Mbps hanya bisa mencapai kecepatan download maksimal 125KB/s dan bukannya 1MB/s?

 

Bytes (B) dan Bits (b) Sangat Berbeda

Permasalahan utama ini terletak pada bytes dan bits. Dua hal ini adalah pengukuran data yang berbeda meskipun terlihat mirip, 1 bytes sebenarnya 8 bits. Untuk mengatasi hal yang membingungkan ini bytes disingkat menjadi B sedangkan bits disingkat menjadi b.

Kenapa Internet 1Mbps Kecepatan Download Maksimal Hanya 125KB/s??

Jadi jika bytes dijadikan ke bentuk Kilobytes (KB) dan Megabytes (MB) maka hasilnya seperti di bawah ini.

1KB = 1000 bytes

1MB = 1000000 bytes

Selain itu jika bytes dijadikan ke bentuk ke Kilobits (Kb) dan Megabits (Mb) maka hasilnya seperti ini.

1Kb = 1000 bits

1Mb = 1000000 bits

 

Bytes dan Bits Berpengaruh Pada Kecepatan Data Transfer

Kecepatan data transfer yang digunakan di dunia internet adalah bytes per second (B/s) atau bits per second (bps). Kebanyakan internet provider menampilkan kecepatan internet dengan menggunakan nilai bps terbesarnya.

Koneksi internet kamu memiliki dua kecepatan berbeda, yaitu kecepatan download dan kecepatan upload. Penyedia layanan internet provider ini biasanya memberikan kecepatan download maksimum, membuat kamu bisa mendownload video, lagu atau browsing dengan memuaskan. Tapi jika kamu berencana untuk menaruh file ke cloud sebagai backup maka kamu harus memperhatikan kecepatan upload ISP. Ini menunjukan bagaimana data dari komputer kamu ditransfer ke internet.

Kenapa Internet 1Mbps Kecepatan Download Maksimal Hanya 125KB/s??

Jika kamu membeli paket internet 1Mbps mengapa kamu mendapatkan kecepatan download 125Kbps?? Berikut penjelasan singkat dari WinPoin. Dari penjelasan di atas, jika 1 bytes sama dengan 8 bits maka:

1 bytes = 8 bits

1Mbps = 1.000.000 bits / 8 bits = 125.000 KBps = 125KB/s

 

Kenapa Internet 1Mbps Kecepatan Download Maksimal Hanya 125KB/s??

Sekarang kamu harus memperhatikan satuan data paket yang disediakan layanan internet provider kamu. Jika berupa bits maka konversikan ke byte, karena satuan file yang kamu download itu byte dan bukannya bits. Jadi berapakah kecepatan download internet kamu??

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.