Keren Maksimal: Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan

Ada masa dimana Windows Phone punya banyak penggemar loyal, dimana Nokia dan Microsoft kala itu masih memperlakukannya bak anak emas. Saya berani bilang bahwa Windows Phone saat itu mampu jadi alternatif iOS yang memiliki banyak pilihan perangkat dengan berbagai rentang harga. Kalo kamu pengen ponsel dengan platform mobile yang aman, simple, ringan, punya beragam varian ponsel dengan berbagai pilihan harga — serta rutin mendapatkan update tentunya, Windows Phone bisa jadi pilihan (kala itu). (Baca juga: Refleksi Status Windows 10 Mobile — Mengenang Momen Fans dan Windows Mobile)

Tapi itu dulu. Sekarang Windows 10 Mobile bukan lagi sekedar diperlakukan seperti anak tiri, tetapi jauh lebih miris daripada itu. Satu-satunya hal yang menjadi penghalang utama dari platform ini sejak dulu adalah app gap, dan nampaknya Microsoft sudah tidak punya keinginan lagi untuk memperjuangkan keberlangsungan dari platform mobile ini.

Lumia sudah tidak diproduksi lagi, berbagai fitur eksklusifnya diusung ke platform lain, dan dengan jelas Joe Belfiore menyatakan bahwa Windows 10 Mobile kini tidak lagi jadi fokus utama Microsoft. Bahkan CEO Microsoft Satya Nadella menyatakan bahwa Microsoft tetap kompetitif dan baik-baik saja meskipun tanpa platform mobile.

Anyway, saya jadi ngomel panjang lebar diatas karena baru saja melihat konsep desain Windows 10 Mobile yang keren banget, sampai-sampai jadi geregetan lagi melihat bagaimana sebenarnya Windows 10 Mobile yang masih punya potensi untuk jadi keren ini harus berakhir tragis dalam dormansi.

Desain konsep ini membawa Fluent Design System kedalam Windows 10 Mobile — dan hasilnya, sebuah tampilan sistem operasi yang cantik, modern, dan serasi banget untuk dipadukan dengan Windows 10 PC.

Keren Maksimal: Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan Keren Maksimal: Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan Keren Maksimal: Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan Keren Maksimal: Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan

Namun sayangnya meskipun Microsoft bisa dan mampu mewujudkannya, tetapi pengembangan total Windows 10 Mobile dengan Fluent Design System ala Windows 10 PC nampaknya tidak akan menjadi nyata. Hal ini karena Microsoft sudah memisahkan branch pengembangan antara PC dan mobile, sehingga perombakan ataupun penambahan fitur yang dikembangkan di Windows 10 PC tidak selaras lagi dengan pengembangan di Windows 10 Mobile. Bahkan Microsoft sendiri lebih memilih untuk jualan ponsel Android di Microsoft Store, daripada memproduksi ponsel dengan platform Windows ini. Pendeknya, sampai saat ini tidak ada tanda bahwa Windows 10 Mobile akan kembali bangkit dari kubur.

Bagi kamu yang ingin melihat desain konsep Windows 10 Mobile karya Marko Malinović ini secara lengkap, bisa langsung saja menuju ke halaman ini.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.