Pengguna Linux dan Unix Based System Operations mungkin sudah tidak asing lagi dengan Package Manager dalam perangkat mereka, dan yang cukup mengejutkan terkait hal tersebut, kini akhirnya Microsoft menambahkan built-in package manager-nya di Windows 10.

Hal ini diperkenalkan pada Event Virtual Microsoft Build 2020 kemarin. Bagi yang belum tahu, package manager ini akan memungkinkan pengguna dengan secara cepat melakukan instalasi, aplikasi/perangkat lunak pada perangkat mereka tanpa harus secara manual masuk ke situs web atau Microsoft Store untuk mendownload installer-nya.

Disebut dengan Windows Package Manager, tools ini akan memungkinkan hal tersebut dapat dilakukan, sehingga bagi yang terbiasa dengan terminal di Linux atau Mac, maka pengalaman instalasi ini juga akan dapat dilakukan di Windows 10 kedepannya.

Pengguna nantinya dapat menggunakan perintah ‘winget’ dan diikuti dengan ‘install namaaplikasi’, selanjutnya Windows akan secara otomatis mendownload dan menginstal aplikasi tersebut kedalam perangkat.

Untuk sekarang, Microsoft menawarkan first party repository mereka yang mencakup beberapa aplikasi populer di Windows 10, pengguna juga dapat submit sebuah pull request pada halaman github berikut untuk menambahkan aplikasi baru (yang tentunya harus bersamaan dengan manifest files). Selain itu dikutip dari halaman dokumentasinya, Microsoft juga mengijinkan pengguna untuk mendownload aplikasi dari third party repository juga, sehingga pilihan instalasi nantinya akan sangat beragam.

Alasan Microsoft

Microsoft berkata bahwa alasan utamanya adalah keamanan sehingga mereka memilih membuat package managernya sendiri, dibandingkan harus berkontribusi pada yang sudah ada. β€œOne critical concern we had was how to build a repository of trusted applications. We are automatically checking each manifest. We leverage SmartScreen, static analysis, SHA256 hash validation and a few other processes to reduce the likelihood of malicious software making its way into the repository and onto your machine,” kata Demitrius Nelon, senior program manager di Microsoft.

Nelon juga mencatat β€œIf you are happy with your current package manager, keep using it. Our goal is to make installing software on Windows better for everyone,”

Kapan Tersedia?

Windows Package Manager akan mendukung Windows 10 mulai dari versi 1709, dan akan hadir pre-installed dengan Windows 10 Desktop Apps Installer ketika pengembangan sudah mencapai versi 1.0. Namun untuk sekarang, pengguna bisa mendownloadnya secara manual melalui halaman GitHub berikut, atau melalui Windows 10 build Insider dan bergabung pada Preview pada halaman berikut yang nantinya kamu akan mendapatkan App Installer Preview.

Kamu bisa mempelajari Windows Package Manager ini pada halaman Dokumentasi berikut.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft, Thurrot

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? πŸ”₯πŸ”₯  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.