Sesuai dengan jadwal yang telah dikabarkan sebelumnya, kini akhirnya PowerToys Preview 0.18 telah diluncurkan Microsoft, perubahan yang terasa dalam update ini adalah kini hadirnya PowerToys Run (sebelumnya diperkirakan bernama PowerLauncher), yang merupakan sebuah launcher yang mirip dengan Spotlight Mac OS.

Fitur ini sebelumnya dikabarkan juga akan menggantikan fungsi dari tombol kombinasi Win + R untuk Run, namun ternyata tombol kombinasi default untuk membuka PowerToys Run ini adalah ALT + Space. Sehingga dengan kata lain, Run dan PowerToys Run masih dapat berjalan secara berdampingan.

Ketika dijalankan PowerToys Run akan memunculkan search box yang simpel di layar Windows 10 kita, dan pengguna bisa juga mengatur settings untuk menampilkan history pencarian, opsi context menu, menjalankan aplikasi as Administratos pada aplikasi tertentu, membuka file locations, dan open in console.

Selain dari penambahan PowerToys Run, ada juga Keyboard Manager yang akan bekerja untuk remap keys dan remap shortcut, fitur ini akan sangat berguna bagi kamu jika memiliki sebuah tombol keyboard yang bermasalah.

Ada beberapa perbaikan yang changelog lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • New Utilities
    • PowerToys Run, our new application launcher (use alt-space to activate)
    • Keyboard manager, a quick easy way to remap your keyboard
  • Fixed #243‘s setting issue
  • Improved performance on FancyZones #1264
  • Lots of bug fixes!

Nah jadi jika kamu adalah pengguna PowerToys, silahkan kamu update versi PowerToys milik kamu untuk mendapatkan fitur PowerToys Run dan Keyboard Manager diatas. Kamu juga bisa mendownload secara langsung melalui halaman GitHub berikut.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.