Pada awal tahun ini Microsoft memperkenalkan sebuah fitur pencarian baru yang mirip-mirip dengan Spotlight-nya MacOS, dimana Microsoft sebut sebagai Launcher atau codename Powerlauncher.

Fitur ini akan hadir sebagai bagian dari PowerToys, dan katanya akan menggantikan fungsi dari tombol kombinasi Win + R untuk Run, dari fungsinya jelas ini lebih menarik dibandingkan Run yang biasa kita lihat saat ini.

Ketika dijalankan PowerLauncher akan memunculkan search box yang simpel di layar Windows 10 kita, dan pengguna bisa juga mengatur settings untuk menampilkan history pencarian, opsi context menu, menjalankan aplikasi as Administratos pada aplikasi tertentu, membuka file locations, dan open in console.

Via Neowin

Perlu diketahui juga bahwa untuk sekarang fitur ini masih belum memiliki nama publik resmi, dan Clint Rutkas Senior Program Manager di Microsoft dalam Tweetnya memberikan sebuah Polling berupa pilihan nama yang bisa pengguna pilih untuk nama resmi dari launcher ini.

Dan yang cukup menarik, berdasarkan Roadmap dari PowerToys, diperkirakan Launcher ini akan tersedia pada bulan Mei mendatang, dan akan hadir pada PowerToys Beta versi 0.18. Wah saya sendiri sudah enggak sabar untuk mencobanya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? apakah akan cukup membantu dalam meningkatkan pengalaman menggunakan Windows 10?

Via : GitHub, Neowin

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.