Seperti yang kita tahu, baru baru ini Google telah merilis versi developer preview dari Android 13, dan menariknya kini seseorang telah berhasil menggunakan fitur Kernel-based Virtual Machine (KVM) untuk menjalakan Windows 11 di Google Pixel 6.

Android 13 sendiri merupakan versi Android yang evolusioner dalam hal keamanan dan stabilitas, selain itu, OS ini juga kabarnya akan menjadi system operasi mobile yang hebat untuk mendorong smartphone Android ke dunia Virtual Machine yang kuat dan mumpuni, dan meskipun pengguna Android telah lama menjalankan Virtual Machine, di Android 13 adanya peningkatan yang sangat luas.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, Android dan Web Developer kdrag0n telah berhasil membuat Windows 11 melakukan Booting di dalam Virtual Machine di Google Pixel 6 dengan mengandalkan fitur KVM yang tersedia di Android 13 developer preview, dan yang paling menarik, yang berhasil di boot oleh kdrag0n ini bukanlah Windows on ARM melainkan adalah versi Windows 11 standar yang tersedia untuk processor Intel atau AMD.

Bahkan, seperti pada tweet terlampir diatas, dapat kita lihat game Doom juga berjalan dengan baik dan dapat dijalankan. Selain itu beberapa fitur Windows 11 juga berjalan sempurna, misalkan saja Microsoft Edge yang juga dapat digunakan melakukan browsing, aplikasi settings yang juga berfungsi normal, dan task manager serta file explorer.

Mengenai hal ini sayangnya belum ada informasi lebih lanjut karena tampaknya kdrag0n sendiri masih menguji beberapa hal penting lainnya, selain itu belum ada informasi juga dari Microsoft mengenai hal ini, karena cukup mengejutkan juga, bagaimana tidak, Windows 11 yang notabenenya terbatas untuk diinstall di perangkat tertentu, ternyata dapat diinstall di Android 13, dan yang lebih mengejutkannya lagi, yang diinstall bukanlah versi ARM, melainkan versi x64.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Techspot, Neowin

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.