Lenovo tahun ini mendapatkan pujian dari banyak kalangan. Menurut Gartner, Lenovo saat ini merupakan produsen PC nomor satu di kuartal kedua 2018, diikuti dengan sangat dekat oleh HP. Kehebatan Lenovo di sini adalah, berhasil memperluas pangsa pasar pengguna Lenovo, namun tetap mendapatkan profit yang signifikan.

Dalam rilis pers pendapatan triwulanan mereka, perusahaan ini mengklaim telah mendapatkan “peningkatan pangsa pasar unit PC di setiap geografi di dunia, seraya tetap memelihara keuntungan industri sebesar 5%”.

Lenovo juga menyatakan bahwa ini merupakan bagian yang berkelanjutan untuk kemajuan bisnis PC. “Di masa mendatang, kami ingin tetap mendapatkan keuntungan industri serta juga meningkatkan pendapatan dari pangsa premium untuk menumbuhkan keuntungan perusahaan,” ungkap Yang Yanqing, Chairman sekaligus CEO Lenovo.

Selain pertumbuhan dalam pendapatan dan keuntungan, seperti halnya sebagian besar produsen PC lain, perusahaan ini melakukan diversifikasi produksi. Lenovo terus menerus berupaya meningkatkan profit dari bisnis smartphone Motorola miliknya, serta berinvestasi pada ‘Smart IoT + Cloud’ dan ‘Infrastruktur + Cloud’. Memang Cloud adalah bisnis yang cukup seksi tahun ini. Microsoft dan Amazon memperoleh laju pendapatan yang menakjubkan dari bisnis ini.

Lenovo mencatatkan keuntungan sebesar USD 11,91 miliar, tumbuh 19% dari pendapatan tahunan mereka secara umum, serta memperoleh penghasilan sebesar USD 113 juta (sebelum kena pajak) di kuartal kedua ini. Keuntungan mereka diperoleh dari berbagai macam bisnis yang dilakukan Lenovo.

Mirip seperti APple, Lenovo mendapatkan hasil yang kuat tersebut karena mereknya yang kuat, serta keberhasilan mereka ‘memenuhi janji’ terkait reliabilitas dan inovasi. Mungkin kita bisa merujuk pada perangkat-perangkat inovatif Lenovo seperti Yoga Book di deret laptop dan Moto Z di lini ponsel. Produk-produk Lenovo memang cukup jadi andalan banyak instansi dan perusahaan karena terkenal tangguh, mudah digunakan, sekaligus terjangkau.

Bagaimana sebuah perusahaan Tiongkok bisa sampai sejauh ini di tingkat dunia? Kamu bisa menyimak perjuangan Lenovo di Perjuangan Panjang Penjual Komputer Legendaris Asia.

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.