Lenovo: Strategi Cross Platform Apps Microsoft Membuat Windows Phone Tidak Diperlukan Lagi

Sudah hampir 1.5 tahun sejak Microsoft mengumumkan bahwa Lenovo menjadi hardware partner mereka untuk memproduksi Windows Phone, tetapi sampai saat ini belum ada juga device Windows Phone keluaran Lenovo.

Usut punya usut hal itu ternyata karena Lenovo menganggap Windows Phone — termasuk juga Windows 10 Mobile, semakin tidak menarik dari waktu ke waktu.

Hal itu diperparah dengan keputusan Microsoft yang membuat semua apps keunggulan Windows Phone menjadi Cross Platform. (Baca juga: Ssst..Seperti Inilah Cortana untuk Android yang Bocor ke Publik)

Lenovo melihat strategi tersebut sebagai bunuh diri, karena semakin membuat gap keunggulan Windows Phone dengan platform lain semakin kabur.

Katakanlah Android, dahulu OS ini kurang relevan untuk kalangan pengguna bisnis. Tetapi kini dengan hadirnya Microsoft Office, OneDrive, Office 365, Outlook, dan berbagai layanan Microsoft lainnya di platform tersebut membuat Android menjadi pilihan kalangan bisnis. Hal yang sama juga berlaku di iOS. (Baca juga: Smart Assistant Microsoft Office Now Segera Rilis di Android)

Banyak hal yang dahulu menjadi keunggulan Windows Phone kini sudah bisa dinikmati di platform lainnya, lalu untuk apa merilis smartphone berbasis Windows?

Salah satu Vice President dan General Manager Lenovo, David McQuarrie menyatakan:

“Saya menggunakan smartphone Android dan laptop Windows, dan sekarang saya bisa membuka semua dokumen Office di Android dengan Microsoft Office. Tidak penting lagi apakah smartphone saya Windows Phone atau bukan..”

Apa yang diceritakan salah seorang petinggi Lenovo tersebut memang ada benarnya, karena selain menghadirkan aplikasi unggulan Windows Phone ke Android dan iOS, Microsoft juga telah menyiapkan Companion Apps untuk membuat platform mobile non-Windows bisa terintegrasi mulus dengan Windows 10. (Baca: Microsoft Menjadikan Android dan iOS Bisa Terhubung Mulus ke Windows 10 dengan Companion Apps)

Jika sudah demikian tidak salah juga jika akhirnya Lenovo (dan mungkin berbagai OEM partner lainnya) berpikir — untuk apa kami harus merilis smartphone berbasis Windows ..???

 

Tepatkah Langkah Cross Platform Microsoft?

Jika Lenovo beranggapan bahwa langkah cross platform berbagai macam apps unggulan Microsoft ini membuat Windows Phone makin tidak relevan lagi, bagaimana dengan anggapan dari sudut pandang kamu?

Bagikan analisa kamu disini.

via v3

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.