Jika kamu adalah pengguna Linux, terlebih jika kamu juga adalah pengguna AMD, maka kamu wajib tahu bahwa pada Kernel 5.16 nanti, ada peningkatan yang signifikan para performa CPU AMD Ryzen.

Berdasarkan Benchmark yang beredar, ada peningkatan sebesar 28% dari versi Kernel 5.15 yang telah hadir sebelumnya, kamu bisa melihat hasil benchmark berikut:

Benchmark diatas dilakukan di laptop Lenovo ThinkPad T14s Gen2 dengan Ryzen 7 PRO 5850U. yang mana CPU 5850U adalah prosesor octa-core berbasis Zen 3 dengan 16 thread milik jajaran AMD Cezanne APU.

Untuk melihat apakah peningkatan berforma juga bertahan pada arsitektur Zen lainnya, maka Ryzen 5 5500U juga tidak luput dari proses uji coba, dimana tampak ada peningkatan performa yang signifikan.

Dilansir dari Phoronix, Phoronix berspekulasi bahwa kenaikan kinerja yang dicatat mungkin disebabkan oleh kombinasi pengoptimalan khusus CPU:

This improvement with Linux 5.16 was fascinating and came unexpected. Linux 5.16 has many new features including AMDGPU kernel driver improvements, but this Radeon Vega graphics boost came as a surprise as there wasn’t any announced optimization and the Vega graphics support at this stage is quite mature. It may also be a combination of CPU-related improvements with Linux 5.16.” Tulis Phoronix

Nah tentu peningkatan ini akan menarik untuk kamu para pengguna CPU Ryzen, namun belum jelas juga apakah peningkatan akan hadir disemua seri Ryzen? atau seri AMD lainnya.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Phoronix

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.