Mantan CEO Nokia Stephen Elop Tidak Lagi Diberi Jabatan Di Microsoft, Dipecat?

Malang nian nasib Stephen Elop. Mantan CEO Nokia ini seringkali dikecam oleh fans Nokia sebagai penyebab kehancuran Nokia, dari raja mobile phone menjadi pesakitan hingga akhirnya dibeli oleh Microsoft.

Sejak masa transisi pembelian itu Microsoft memberikan Elop jabatan sebagai Vice President of Devices and Services, melanjutkan divisi device dan layanan Microsoft yang memang sebelumnya dia pimpin ketika menjadi CEO Nokia.

Kini di restrukturisasi manajemen Microsoft yang baru, secara mengejutkan Elop tidak mendapatkan jabatan apapun. Bahkan Satya Nadella sendiri menyatakan bahwa Stephen Elop bakal meninggalkan Microsoft. Apakah ini artinya Elop dipecat karena performa kerjanya dianggap kurang oleh Microsoft? Bisa jadi demikian, meskipun Nadella menyatakannya dengan sangat sopan.

“Stephen dan Saya setuju bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi dia untuk pensiun dari Microsoft. Saya menyesal kehilangan sosok kepemimpinannya..” — Satya Nadella

Tetapi kesopanan tersebut tidak menutupi fakta bahwa Stephen Elop memang sudah tidak dibutuhkan lagi karena tidak mampu menjalankan target dan visi dari Microsot.

“Kami melakukan penyesuaian di upaya engineering dan kemampuan untuk menjalankan strategi, terutama untuk mencapai tiga ambisi inti kami. Perubahan ini akan memungkinkan kami memberikan produk yang lebih baik dan layanan yang dicintai oleh konsumen dengan siklus perilisan yang lebih cepat.” — Satya Nadella

Dari pernyataan itu saja sudah tersirat bahwa Stephen Elop dianggap tidak mampu menjalankan strategi untuk mencapai visi dan ambisi inti Microsoft, termasuk untuk memberikan produk yang lebih baik dan layanan yang dicintai oleh konsumen.

Dengan dilengserkannya Stephen Elop, kini divisi Devices Microsoft dipercayakan kepada Terry Myerson.

Berikut ini adalah Senior Leadership inti Microsoft yang terdiri dari 12 orang:

  • Satya Nadella, Chief Executive Officer
  • Chris Capossela, Executive Vice President and Chief Marketing Officer
  • Kurt DelBene, Executive Vice President, Corporate Strategy and Planning
  • Scott Guthrie, Executive Vice President, Cloud and Enterprise
  • Amy Hood, Executive Vice President and Chief Financial Officer
  • Kathleen Hogan, Executive Vice President, Human Resources
  • Peggy Johnson, Executive Vice President, Business Development
  • Qi Lu, Executive Vice President, Applications and Services Group
  • Terry Myerson, Executive Vice President, Windows and Devices Group
  • Harry Shum, Executive Vice President, Technology and Research
  • Brad Smith, Executive Vice President and General Counsel, Legal and Corporate Affairs
  • Kevin Turner, Chief Operating Officer

Kini yang menarik untuk dilihat adalah kemana Stephen Elop akan berlabuh, dan perusahaan mana yang akan mengangkat dia sebagai pucuk pimpinan tertinggi.

Best wishes untuk Stephen Elop.

via Microsoft

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.