Kantar baru saja merilis data statistik tentang penjualan smartphone di Eropa dalam 3 bulan pertama tahun 2015 ini. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata dalam satu tahun terakhir ini market share Android terus turun digerogoti oleh Windows Phone dan iOS.

Dari data rata-rata di seluruh negara Eropa, market share Android turun hingga 3.1 persen sedangkan market share Windows Phone dan iOS naik hingga 1.8 persen untuk masing-masing OS.

Market share Android di Eropa Turun, Digerogoti oleh Windows Phone dan iOS

Hal ini memang belum bisa mengubah posisi Android sebagai sistem operasi mobile terpopuler di Eropa dengan 68.4 persen market share, namun jika penurunan ini terus terjadi maka akan ada masa dimana popularitas Android digantikan oleh iOS, atau bahkan juga Windows Phone.

Dari data statistik yang ada, Windows Phone berkembang dengan cukup pesat di Perancis (naik 5.8 persen), Jerman (naik 2.1 persen), Italia (naik 0.5 persen), dan Australia (naik 0.4 persen). Sedangkan market share Android hampir turun di setiap negara Eropa.

Market share Android di Eropa Turun, Digerogoti oleh Windows Phone dan iOS

 

Android Harus Waspada

Market share Android di Eropa Turun, Digerogoti oleh Windows Phone dan iOS

Sebagai sistem operasi mobile terpopuler saat ini, Android tetap harus waspada dan tidak boleh lengah. Hal ini karena market share Android di hampir setiap negara Eropa turun; jika tidak digerogoti Windows Phone, ya digerogoti iOS.

Belum lagi Microsoft akan merilis Windows 10 Smartphone yang selain memiliki fitur seperti PC (thanks continuum dan universal apps), juga bakal memudahkan developer dalam membawa aplikasi Android dan iOS mereka ke Windows Store.

Jika tidak ingin market share nya terus merosot, Android harus mampu memberi nilai tambah lain bagi pengguna selain hanya mengandalkan ketersediaan aplikasinya yang melimpah.

via kantar

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.