Home News Marketshare Windows Phone Kini Tinggal 0,3%

Marketshare Windows Phone Kini Tinggal 0,3%

Kabar kurang baik hadir dari divisi Windows Phone. Setelah terus turun dari hari ke hari, Gartner melaporkan bahwa, akhirnya marketshare Windows Phone tinggal 0,3%. Absennya produk smartphone, kurangnya dukungan dari developer, dan pelannya perkembangan dari Windows Phone/W10M, diduga menjadi penyebab utamanya.

Android saat ini memimpin dengan marketshare mencapai 81,7%, dengan penjualan mencapai 352 juta unit. iOS mengikutinya dengan marketshare 17,9% dengan penjualan mencapai 77 juta unit. Meskipun demikian, perlu diingat marketshare Android dan Windows Phone adalah gabungan dari berbagai OEM, sedngakan iOS hanya dari Apple.

Penurunan marketshare Windows Phone dari 1,1% ke 0,3% adalah sebuah masalah besar. Dari penjualan 4 juta unit di Q4 2015, menjadi kurang dari 1 juta unit di Q4 2016. Hal ini sangat berbeda kontras dengan Windows 10 desktop yang marketsharenya terus meningkat.

Microsoft harus bekerja keras pada tahun ini. “Surface Phone” yang dirumorkan harus mengalahkan hype dari iPhone 8 yang menjadi berita paling hype saat ini. Windows 10 di ARM juga akan menjadi salah satu kartu as Microsoft jika ingin terus bertahan di meja marketshare yang panas ini, meskipun entah apa rencana Microsoft dengan Surface Phone dan Windows 10 ARM.

Mampukah Microsoft menarik hati para Developer Mobile Apps dan para pelanggan di tahun ini? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

 

via MSPU

  Video: 3 Cara Download File ISO Windows 10 Terbaru  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.