Home Basic Mencegah Windows 10 Masuk ke Mode Sleep

Mencegah Windows 10 Masuk ke Mode Sleep

Apa Perbedaan Mode Sleep vs Mode Hibernate? Mana yang Lebih Hemat Energi?

Terkadang, Mode Sleep di Windows 10 sangatlah membantu terutama untuk menghemat daya PC milikmu dan juga komponennya. Akan tetapi, ada kalanya mode ini juga bisa sangat menjengkelkan, pasalnya kamu tidak bisa mengunduh file ukuran besar dalam keadaan ditinggal, karena nantinya PC kamu akan masuk terlebih dahulu ke mode Sleep.

Nah, sebagai informasi untuk kamu, mode Sleep akan aktif jika komputer lama tidak digunakan atau tidak ada aktifitas yang terjadi, begitu pula pada laptop. Tetapi, ada keadaan dimana ketika baterai laptop kamu tidak mencukupi (dalam artian sudah sangat low) maka mode ini akan aktif untuk mematikan laptop.

Ketika mode Sleep aktif, komputer akan menggunakan daya yang paling rendah. Power akan dipotong dari semua komponen komputer; layar, hardisk, port dan semua peripheral yang terpasang dan akan tetap dialirkan ke RAM. Ini dikarenakan semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer tetap disimpan pada RAM. Tapi, kalau sampai Power terputus dari RAM, seperti misalnya mati lampu, maka semua aktifitas di komputer kamu akan hilang. Semua pekerjaan yang kamu lakukan akan sia-sia kalau sebelumnya kamu belum menyimpannya.

Baca juga:

Nah, pada kesempatan kali ini, WinPoin akan memberikan tutorial bagaimana cara agar PC atau laptop milikmu tidak masuk ke mode Sleep, agar nantinya ketika kamu mengunduh file berukuran besar, perangkat kamu bisa mengunduhnya hingga selesai.

So, buat kamu yang sudah penasaran, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, silakan buka menu Settings.
  • Setelah itu pergilah ke menu System > Power & Sleep.
  • Pada menu Sleep, pastikan kamu memilih opsi Never baik itu dalam keadaan charge dan juga saat menggunakan baterai.

Mencegah Windows 10 Masuk ke Mode Sleep

  • Done.

Nah, begitulah gaes cara agar PC atau laptop milikmu yang menggunakan Windows 10 tidak masuk ke mode Sleep. Bagaimana, sangat mudah bukan caranya?

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '