Home Editorial Mengapa Microsoft Merilis Game Mode di Creators Update?

Mengapa Microsoft Merilis Game Mode di Creators Update?

Apa itu Game Mode di Windows 10 Creators Update

Awal bulan kemarin Microsoft resmi merilis update besar untuk Windows 10 yakni Windows 10 Creators Update. Pada update tersebut tertanam banyak fitur baru salah satu fitur yang menarik perhatian adalah Game Mode!

Baca:

Ngomongin soal Game Mode, WinPoin masih penasaran mengenai fitur ini. Seperti yang kamu tahu bahwa pada event yang digelar saat akhir tahun kemarin (Oktober 2016), Microsoft tidak mengumbar fitur ini sama sekali. Ya, walaupun sebenarnya ada beberapa hal yang mengarah ke Game Mode tapi kehadiran fitur ini begitu tak terduga, tidak seperti fitur baru lain yang sudah dipamerkan sebelumnya.

Sebenarnya fitur Game Mode yang tersedia di Windows 10 Creators Update kurang lebih sama seperti yang diberikan oleh beberapa software optimizer dan game booster yang dapat kamu unduh dari internet. Walaupun Microsoft mengklaim bahwa fitur ini akan membuat resource PC kamu lebih diutamakan untuk proses gaming sehingga performa gaming meningkat, tapi jujur saja ketika WinPoin coba fitur ini tak memberikan dampak yang signifikan.

Mengapa demikian?

Karena sesungguhnya kemampuan gaming itu sangat bergantung pada performa hardware PC, maka jika kamu mengaktifkan fitur Game Mode (software) tanpa didukung oleh hardware yang baik, ya sama saja seperti kamu mencoba tidur dalam keadaan mata melek (hal yang hampir mustahil dilakukan).

Sebagai pengguna PC dengan speks menengah, awalnya saya sangat antusias dengan fitur ini, tapi setelah lama menggunakannya saya justru merasa fitur ini bagaikan “Gimmick” yang diberikan oleh beberapa software optimizer dan game booster lainnya.

Memang saya akui ada peningkatan “sedikit sekali pada fps, tapi itu hanya berlaku untuk game-game yang sudah UWP (tersedia di Windows Store) sedangkan untuk game Win32 sepertinya sama saja, bahkan rasanya tidak ada perbedaan dengan ataupun tanpa menggunakan Game Mode.

Padahal seperti yang kamu tahu, game yang hadir di Windows Store (game UWP) banyak yang memerlukan resource (spesifikasi PC) yang benar-benar “wah” dan Microsoft juga jarang memberikan diskon (tidak seperti game yang tersedia di Origin ataupun Steam).

Lalu, untuk apa Microsoft merilis Game Mode di Windows 10 Creators Update?

Selain ditujukan untuk menarik minat gamer terhadap Windows 10, bisa jadi fitur Game Mode sengaja dirilis untuk menghentikan software optimizer dan game booster pihak ketiga yang sudah banyak bertebaran. Padahal tidak sedikit dari software dan tool tersebut yang “gimmick” dan tidak berdampak terhadap performa gaming. Ditambah lagi kita tidak tahu apakah software tersebut tersisipi oleh bloatware, malware, dsb.

Selain itu dengan tersedianya fitur Game Mode di Creators Update Microsoft ingin menyatakan bahwa kamu tak perlu software semacam optimizer dan game booster, apalagi harus sampai bayar atau bahkan berlangganan dengan harga yang mahal untuk setiap bulannya. Jadi, daripada kamu menggunakan uang kamu untuk software yang tidak penting lebih baik uang tersebut kamu alihkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, seperti berlangganan Office 365 misalnya. =))

Contoh lainnya adalah Windows Defender, sebenarnya kamu nggak perlu beli ataupun berlangganan antivirus pihak ketiga karena Windows Defender sendiri saat ini sudah sangat baik dan rutin mendapatkan update keamanan setiap bulannya.

Satu hal yang pasti, jika kamu ingin performa gaming PC kamu meningkat, upgrade hardware adalah solusi yang memberikan dampak paling terasa.

Kini bagaimana dengan kamu, sudahkah kamu mencoba fitur Game Mode di Windows 10 ini? Apakah kamu merasakan perbedaan dan peningkatan yang signifikan? Bagikan experience kamu di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '